Masukkan iklan disini!

Dengan Lagu, Mahasiswa KKN Tematik Ajarkan Jaga Jarak dengan Menyenangkan pada Siswa SDN 1 Kismoyoso


sumber : dokumen pribadi

Boyolali (19/11/2021) – Selama pandemi berlangsung, pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga siswa tidak perlu ke sekolah. Namun, sejak kasus Covid-19 mulai melandai, pemerintah membuat kebijakan Pembelajaran Tatap Muka secara terbatas. Sekolah mulai dibuka untuk pembelajaran secara langsung dengan kuota terbatas dan protokol yang ketat.

SDN 1 Kismoyoso yang berlokasi di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali menjadi salah satu sekolah dasar yang sudah memulai PTM. Dalam pelaksanaannya, perlu menerapkan protokol yang ketat terutama praktik 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak). Siswa SD yang masih anak-anak dengan usia 7-12 tahun cenderung kurang disiplin dalam menerapkan 3M.

Melihat situasi yang ada, melalui KKN Tematik Undip X Unicef, mahasiswa melakukan pemantauan praktik 3M di SDN 1 Kismoyoso setiap harinya. Dari hasil pantauan yang ada mahasiswa melihat bahwa siswa masih banyak yang belum menerapkan jaga jarak dengan baik. Siswa masih terus bermain dengan teman seusianya tanpa menjaga jarak.

sumber : dokumen pribadi

Mahasiswa memberikan sosialisasi berupa edukasi 3M yang dilaksanakan di SDN 1 Kismoyoso pada 19 November 2021 pukul 08.00 WIB. Kegiatan diikuti oleh siswa kelas 1-6 dengan kuota 50% setiap kelasnya, serta didampingi oleh Kepala Sekolah, yaitu Ibu Dwi Paryanti, S.Pd beserta wali kelas dan guru pengajar lain.

Edukasi dilakukan dengan penjelasan mengenai 3M menggunakan media power point kemudian dilanjutkan dengan edukasi mengenai menjaga jarak dengan menampilkan video lagu Jaga Jarak ciptaan Komunitas Guru Belajar Depok. Mahasiswa mengajak siswa dan guru menyanyi bersama serta mempraktekkan merentangkan tangan untuk menjaga jarak. Siswa antusias dan menyanyikan lagu Jaga Jarak berulang kali. Mahasiswa juga menstimulus partisipasi aktif dari siswa dengan mengadakan kuis, bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan akan mendapattkan hadiah dari mahasiswa. Mahasiswa juga menempelkan poster cara cuci tangan yang benar, poster penerapan 3M di sekolah, dan poster tata cara PTM yang aman untuk mencegah Covid-19.

sumber : dokumen pribadi

sumber : dokumen pribadi

“Melalui kegiatan ini, siswa SDN 1 Kismoyoso harapannya dapat lebih disiplin dan termotivasi untuk menjaga jarak dengan teman-temannya untuk mencegah penularan Covid-19. Melalui pemantauan yang telah dilakukan siswa juga menjadi terbiasa untuk tertib menerapkan 3M”, pungkas Ibu Ida selaku wali kelas 6 SDN 1 Kismoyoso.

Dari kegiatan ini, siswa telah memahami praktik 3M yang benar dan cara menjaga jarak dengan lebih menyenangkan. Harapannya praktik 3M dilingkungan sekolah dapat diterapkan dengan lebih disiplin oleh siswa dan warga SDN 1 Kismoyoso secara keseluruhan. (Anna Uswatun Qoyimah)

No comments