KKN Undip X Exovillage : Menikmati Pemandian Wisata Air Panas Alami Danau Linting di Deli Serdang, Sumatera Utara



sumber : dokumen pribadi

Salah satu objek wisata danau yang sangat terkenal dan populer di Indonesia dan Mancanegara adalah Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara. Tapi, Tahukan kamu? Selain Danau Toba terdapat salah satu objek wisata danau air panas alami yang terletak di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Objek wisata tersebut bernama Danau Linting. Danau Linting merupakan sebuah danau yang memiliki air panas yang mengandung belerang(sulfur). Danau ini terletak di Kecamatan STM Hulu dan diantara 3 desa yaitu, Sibunga-Bunga Hilir, Durian IV Mbelang dan Gunung Manupak A.

Danau ini memiliki beberapa fakta unik yang menjadi daya tarik tersendiri. Air danau ini mengandung belerang, namun bau belerang di air danau ini tidak begitu menyengat. Warna dari danau ini juga sering berubah-ubah seperti berwarna biru, hijau tosca dan juga biru kehijauan.

Fakta yang lainya seperti kedalaman danau yang sampai artikel ini dipublikasi masih menjadi misteri bagi ahli dan pemerintah. Karena memiliki kandungan sulfur, air danau ini juga memiliki manfaat bagi kulit seperti melembabkan dan melembutkan kulit. Danau ini merupakan salah satu danau langka yang ada di Indonesia.

Danau ini dibuka untuk umum dan setiap hari senin-minggu pukul 08.00-17.30 WIB. Untuk harga tiket masuk sendiri Rp5000 /kepala orang dewasa dan Untuk biaya parkir motor dan mobil adalah Rp5000 dan Rp10.000.

Selain bisa menikmati pemandangan, pengunjung juga dapat menyewa pondok dan tikar dengan biaya Rp25.000 sembari menikmati makanan dan minuman ringan yang di jual oleh masyarkat sekitar.

Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan di danau ini juga cukup banyak, seperti berendam di air panas yang berada di tepi danau, bermain ayunan, bersantai sambil hunting spot foto instagramable di sekitar danau.

Bila tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup untuk berenang dan mandi di sekitar danau, masyarakat setempat sudah menyediakan alternatifnya yaitu pemandian air panas ‘tamsar’. Tamsar berlokasi tepat sebelum pintu masuk ke danau linting. Selain memiliki tiket masuk yang tergolong murah Rp10.000, pemandian tamsar ini memiliki air yang langsung di alirkan dari danau linting dan memiliki banyak jenis kolam, termasuk untuk anak-anak, remaja, dan dewasa untuk mandi dan bersantai.

Jadi tunggu apa lagi, tidak ada salahnya jika anda menikmati alam danau linting ini bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan. (Ruli Bremanta Ginting)

No comments