Mahasiswa FKM Undip Torehkan Prestasi di Ajang PIMNAS

Photo: Dok. Pribadi
Kamis (11/8) Universitas Diponegoro berhasil mendapatkan 11 medali di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-29 di Institut Pertanian Bogor (IPB). Undip berhasil menempati posisi 10 besar, tepatnya urutan ke-9. Salah satu penyumbang prestasi adalah mahasiswa FKM yaitu tim PKM-K “LODABU (Lotion Daun Bambu) Alternatif Sehat Pereda Nyeri Asam Urat” yang diketuai oleh Diina Ul Qoyyima dengan anggota Dewi Sekar T, Cintya Dipta P dan Qoni Mulia S. Tim tersebut dibimbing oleh dosen pembimbing Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid.  Kelompok ini berhasil menyumbangkan medali perak pada kategori presentasi.
Menurut Diina ide awal pembuatan “LODABU” berasal dari berbagai jurnal yang ia baca. Ternyata daun bambu memang dapat menyembuhkan asam urat tetapi penggunannya dengan diminum. Dari situlah Diina dan tim mencoba membuat lotion dengan ekstrak daun bambu. “Saya pergi ke berbagai lab dan mencari tahu bagaimana membuat ekstrak dan akhirnya kami berhasil membuat ekstrak daun bambu di Lab. Unika,” ujar Diina. Di awal produksi, Tim PKM-K “LODABU” tidak menghasilkan terlalu banyak, tetapi saat mendekati PIMNAS produksi “LODABU” meningkat. “Dengan bantuan Bu Lintang banyak yang memesan produk kami,” tutur Diina. Selain itu Diina dan tim juga berkesempatan diwawancarai oleh salah satu media cetak saat masa pendanaan.
 Saat timnya dinyatakan lolos pendanaan, Diina mengaku tidak menyangka karena menurutnya saat membuat PKM, statusnya masih mahasiswa baru. Diina dan tim lalu mengikuti bimbingan yang diselenggarakan Undip untuk mempersiapkan PIMNAS. Persiapan menuju PIMNAS hanya sekitar 12 hari dari pengumuman lolos ke tahap PIMNAS. Diina mengatakan,”Saat persiapan menuju PIMNAS kami menemui banyak cobaan dan dikejar deadline akan pengumpulan laporan dan persiapan PIMNAS”.
Ketika pengumuman tiba, Diina dan Tim benar-benar tidak menyangka dapat mengharumkan nama Undip dengan merebut perak. Ia berpesan jika membuat PKM harus dengan inovasi, niat, tekad dan dilakukan dengan serius agar dapat melahirkan hal-hal yang bermanfaat dan dapat berprestasi. Semoga dengan adanya prestasi ini dapat melahirkan semangat untuk menghasilkan prestasi –prestasi yang luar biasa di masa depan terutama dalam ajang PIMNAS selanjutnya. Undip, Jaya!  FKM, Salam Sehat! (Rafika Salma)


Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.