KSR FKM Undip Sabet Tiga Kejuaraan di NVRCC

Photo: KSR FKM Undip
Sabtu (23/7 Korps Sukarela (KSR) Unnes meyelenggarakan kompetisi kepalangmerahan. Kompetisi bertajuk National Voluntary Red Cross Competition atau yang disingkat NVRCC ini merupakan ajang bagi KSR antar Perguruan Tinggi serta KSR PMI Markas se-Indonesia untuk  menguji potensi dan ketrampilan yang dimiliki anggotanya. Lomba yang dilaksanakan selama lima hari ini mengusung tema “Mewujudkan Sukarelawan Aktif, Kreatif, Inovatif dan Tanggap Bencana melalui Kegiatan Kepalangmerahan dan Program Pengurangan Risiko Bencana”, Peserta NVRCC terdiri dari 24 kontingen KSR Perguruan Tinggi yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya KSR FKM Undip.
Keikutsertaan KSR FKM Undip dalam NVRCC rupanya mambuahkan hasil yang tak mengecewakan. Dari berbagai jenis lomba yang diselenggarakan, KSR FKM Undip berhasil menyabet tiga kejuaraan, antara lain juara 1 Desain Wash, juara 3 Lomba Cerdas Tangkas, serta mendapatkan Grade B dalam lomba NVRCC tersebut. Tentu bukan perjuangan yang mudah dalam meraihnya. Seperti yang diungkapkan Atina, salah satu peserta lomba NVRCC dari KSR FKM Undip, “Kami harus merelakan waktu liburan untuk datang lebih awal ke Tembalang”. Persiapan yang dilakukan juga cukup banyak. Dimulai dari seleksi internal KSR FKM, dilanjutkan dengan registrasi. Setelah itu, pelatihan bersama senior KSR angkatan 7 yang membahas berbagai hal terkait materi yang akan dilombakan, diantaranya pemetaan, desain Wash, LKTI,  pengurangan risiko bencana, dan masih banyak lainnya.
Meskipun sempat terkendala masalah transportasi, tak lantas meredupkan semangat peserta dalam berjuang meraih prestasi di NVRCC. Atina mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut memberikan pengalaman yang tidak bisa didapatkan di event lain. Baginya, dengan mengikuti NVRCC, dapat menambah relasi dengan KSR PMI unit universitas se-Indonesia, ilmu terkait kepalangmerahan, serta yang utama yaitu membawa nama harum KSR PMI unit FKM Undip. (Santya Nareswari)



Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.