Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

Semangat Literasi, Perpustakaan Desa Pasir Siap Dibuka Kembali



Sumber : Dokumen Pribadi



Pasir (11/2). Menurut Kemendikbud 2016/2017, jumlah perpustakaan desa di Indonesia hanya sebanyak 23.281 perpusdes (30%) dari 77.095 desa/kelurahan yang ada. Hal ini merupakan salah satu penyebab dari mengapa tingkat literasi Indonesia rendah. Desa Pasir, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak punya perpustakaan desa sendiri yang bernama Ngudi Kaweruh atau dalam bahasa Indonesia artinya mencari ilmu. Akan tetapi, perpusdes ini sudah tidak berjalan lagi karena tidak ada yang mengurusnya. Oleh karena itu, Tim I KKN Undip Tahun 2020 dari Desa Pasir mengadakan program Revitalisasi dan Relaunching Perpustakaan Desa Pasir “Ngudi Kaweruh” supaya perpusdes ini dapat berjalan kembali dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Kegiatan ini dimulai dengan kumpul bersama karang taruna Desa Pasir “Patera Yodha” yang nantinya mereka yang akan mengurus perpusdes. Dari diskusi didapatkan hasil bahwa sebelum pembukaan kembali perpusdes diperlukan penertiban administrasi mulai dari pemilahan buku, pembuatan katalog buku, penomoran dan labeling buku, pembuatan alur, tata tertib dan SOP perpusdes sampai pembuatan media pendukung. Kegiatan tersebut dilakukan mulai dari 12 Januari – 12 Februari 2020. Setelah administrasi tertib baru dilakukan persiapan tempat dan pengurus.

Sumber : Dokumen Pribadi

Selasa malam (11/02), untuk menyambut kegiatan relaunching perpustakaan desa diadakan nonton bareng anak-anak Desa Pasir. Acara ini dilaksanakan di Balai Desa Pasir setelah salat Isya untuk meningkatkan antusias masyarakat khususnya anak-anak agar nantinya mau berkunjung ke perpusdes. Akhir acara ditutup dengan kuis berhadiah untuk anak-anak yang ikut serta nonton bareng.

Harapannya dengan adanya program ini adalah perpustakaan Desa Pasir “Ngudi Kaweruh” dapat berjalan dan dimanfaatkan kembali oleh masyarakat Desa Pasir sehingga sesuai dengan arti namanya masyarakat dapat “mencari ilmu” disana. Karena dengan adanya perpustakaan desa semangat literasi akan meningkat.



(Mahasiswa KKN Undip TIM I, Desa Pasir)

No comments