Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

Bulat-Bulat dan Enam Langkah untuk Siswa Sehat




Sumber : Dokumen Pribadi

Selasa, 4 Februari 2020 bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Pakumbulan telah dilakukan sosialisasi yang diberikan oleh mahasiswa KKN Undip Tim I 2020 untuk Desa Pakumbulan. Sosialisasi ini berisi tentang cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang benar.

Mahasiswa KKN memeragakan cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang benar. Untuk menarik minat siswa, mahasiswa KKN memutarkan video animasi cara menyikat gigi dan cuci tangan. Bersama dengan siswa MIM Pakumbulan, mahasiswa KKN melakukan gerakan-gerakan melingkar dalam menyikat gigi dan enam langkah cuci tangan pakai sabun (CTPS) menurut WHO. Siswa MIM Pakumbulan tampak bersemangat, bahkan terlihat beberapa orang siswa menggunakan sikat gigi baru.

Selanjutnya, setelah video selesai, para siswa diminta untuk memeragakan kembali secara bersama-sama. Di akhir kegiatan, mahasiswa KKN menantang beberapa siswa yang berani untuk tampil di depan dan memeragakan kembali cara menyikat gigi dan cuci tangan yang benar. Siswa yang berani tampil diganjar hadiah berupa botol minum dan beberapa snack ringan.

Dari sosialisasi ini, diharapkan para siswa dapat mengaplikasikan cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang benar di kehidupan sehari-hari. Selain itu, hadiah berupa botol minum juga diharapkan dapat digunakan siswa agar membawa bekal minum ke sekolah. Sehingga para siswa dapat hidup lebih sehat.

(Mony Sigiro/Tim I KKN Undip Desa Pakumbulan, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan)

No comments