Masukkan iklan disini!

LANSIA MLAGEN DIGOYANGG


Sumber : Dokumen Pribadi
MLAGEN (02/02) telah dilaksanakan acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Tribina (BKB, BKR, BKL). Kegiatan ini memprioritaskan lansia beserta keluarganya sebagai sasaran kegiatannya. Seperti kegiatan kesehatan lainnya, pelatihan ini juga dilaksanakan di Balai Desa Mlagen. Kegiatan dilaksanakan pukul 09.00-12.00 WIB.

Acara dimulai dengan doa dan sambutan-sambutan dari kepala desa, ketua FKK, serta ketua pelaksana. Kemudian acara dilanjutkan dengan transparansi keuangan dan pemberian materi terkait kesehatan lansia. Pada kesempatan ini mahasiswa KKN Undip khususnya dengan jurusan Kesehatan Masyarakat memberikan materi pencerdasan kepada masyarakat. Materi yang diberikan ialah  mengenai Ostheoarthritis atau kerapuhan tulang. Materi ini dianggap penting untuk diberikan karena besarnya kemungkinan para lansia dapat mengalami penyakit ini. Namun, dengan minimnya pengetahuan masyarakat, kesalahan dalam penangan rentan terjadi. Sehingga kami mahasiswa KKN UNDIP memutuskan untuk memberikan materi tersebut.

Sumber : Dokumen Pribadi

Maraknya kegiatan disambut dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan para peserta. Seperti kata salah satu peserta posyandu lansia yang ikut berdiskusi mengenai penyakit yang belliau rasakan terkait persendian. “iya mba, dengkul saya sudah sering sakit karna sudah mulai tua” tutur Bu Minah. Selain itu harapannya lansia dan keluarganya dapat mencegah terjadinya penyakit ini sehingga semakin sedikitnya angka kesakitan khususnya pada penyakit Ostheoarthritis. Senangnya kami, dikarenakan selama pemberian materi masyarakat yang hadir antusias untuk bertanya dan menanggapi. Harapannya masyarakat dapat menerapkan materi yang telah diberikan di kehidupan sehari-hari.

Acara dilanjut dengan senam lansia. Semua audiens turut serta mengikuti gerakan instruktur senam yang dipimpin oleh salah satu mahasiswa KKN UNDIP. Euforia yang dirasakan selama senam sungguh terasa. Selain menyenangkan senam juga baik untuk kesehatan para lansia. Sebagai penutup acara ini dibacakan tahlil yang diikuti oleh seluruh peserta acara. Dengan demikian acara selesai dilaksanakan.

(TIM KKN MLAGEN)

No comments