Masukkan iklan disini!

Penanganan Sampah Desa Terbengkalai? Ini Solusi Ala Tim Mahasiswa KKN UNDIP Desa Jatisari, Kabupaten Batang





Sumber : Dokumen Pribadi


 Jatisari, Kabupaten Batang (07/02). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro tahun 2020 Desa Jatisari, Batang telah mengadakan pemaparan Inisiasi Perencanaan Sistem Pengelolaan Sampah untuk Desa Jatisari.

Acara yang dilaksanakan di Balai Desa Jatisari ini berangkat dari salah satu permasalahan utama desa, yaitu penanganan sampah yang masih sangat terbengkalai. Banyak sampah yang menumpuk dan dibuang sembarangan di lingkungan warga. Hal ini diyakini timbul karena kurangnya pemahaman warga tentang pentingnya mengelola sampah skala rumah tangga.

“Melihat permasalahan tersebut, kami membuat Sistem Pengelolaan Sampah yang nantinya akan dikelola dibawah BUMDes” kata Zahra Amany, salah satu mahasiswa KKN UNDIP, Jumat (07/02/2020). “Sistem ini meliputi proses pengumpulan dan pengangkutan sampah di seluruh wilayah Jatisari, hingga pengelolahan limbah sampah berdasarkan 3 jenis sampah (organik, anorganik, dan B3).”

“Tidak hanya menyukseskan Jatisari yang asri bebas dari sampah, tapi sistem ini dapat memberikan nilai ekonomis ke sampah seperti mengubah limbah sampah menjadi pupuk dan berbagai kerajinan” tambahnya.

Dalam rangka menyukseskan program tersebut, Mahasiswa KKN UNDIP Desa Jatisari gelar sosialiasi dengan mengundang Kepala Desa, BPD, LPMD, Ketua RW dan Ketua RT se-Desa Jatisari, serta Ibu-Ibu PKK Desa Jatisari. Materi yang dipaparkan yaitu mengenai pengelolaan sampah skala rumah tangga dan Perencanaan Sistem Pengelolaan Sampah.

“Saya sangat mendukung program dari Mbak dan Mas KKN.” Ucap Pak Tohari, Ketua LPMD Desa Jatisari sewaktu sesi tanya jawab. “Semoga kedepannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait sampah, dan program dapat berjalan dengan baik dibawah BUMDes.” (Mahasiswa KKN Undip TIM I Desa Jatisari)

No comments