Header Ads

ad

Rekomendasi Kuliner Nongudeg di Kota Gudeg


Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Jogja mempunyai magnet yang memiliki daya tarik tersendiri. Selain dikenal dengan sebutan sebagai kota Pelajar, Jogja juga terkenal dengan sebutan kota Gudeg. Gudeg menjadi salah satu kuliner Jogja yang tidak boleh dilewatkan kalau berkunjung ke kota ini. Namun apakah kalian tahu kuliner khas Jogja yang tidak boleh dilewatkan selain gudeg? Berikut beberapa rekomendasi kuliner untuk kalian jelajahi ketika sedang berkunjung atau berlibur di Jogja.

1. Mie Ayam Bu Tumini

sumber: google.com
Berlokasi tepat di sebelah Terminal Giwangan. Mienya kenyal, berpadu dengan kaldu dan ayam yang manis dalam kuah kental yang kaya rempah dan minyak, sehingga menciptakan rasa nan creamy. Seporsi mie ayamnya dibanderol mulai harga Rp10.000 saja. Kalau sudah berada di sini, wajib juga mencoba menu sawi dan cekernya, dijamin ketagihan.






2. Mangut Lele Mbah Marto

sumber: twitter @albert_na
Bagi penggemar masakan pedas berkuah, harus mampir ke sini untuk mencoba. Tempatnya memang agak tersembunyi, patokannya masuk dari gang seberang Kantor Pos dan Resto Numani di Jalan Parangtritis. Setelah sampai tempatnya, jangan kaget ya, kalian memang harus masuk ke dapur dan mengambil sendiri makanannya. Seporsi mangut lele beserta sayurnya bisa kalian nikmati dengan membayar Rp20.000 saja.



3. Rica-Rica Kalkun

sumber: googl.com
Rica-rica memang terdengar biasa, namun bagaimana jika bahan utamanya adalah daging kalkun? Kalau penasaran, mampir saja di warung makan ini. Warung makan yang bisa ditemukan di Jalan HOS Cokroaminoto, dekat SMA 1 Yogyakarta ini, biasa buka dari sore. Jika ingin mencoba kalkunnya, pastikan kalian datang sebelum pukul sembilan. Bagi kalian yang tidak suka pedas, jangan khawatir ada nasi goreng juga yang bisa dinikmati.

4. Sate Klathak Pak Pong

sumber: instagram @ninakpw
Sate klathak adalah sate dari daging kambing, yang membuatnya spesial adalah tusukan satenya. Bukan dari lidi maupun bambu seperti sate pada biasanya, namun dari jeruji sepeda. Tak heran, seporsi sate klathak hanya berisi dua tusuk sate karena ukurannya yang besar. Tertarik mencoba? Datang saja ke daerah Pleret, Imogiri, Bantul, di sepanjang jalan banyak tempat yang menawarkan sate klathak.






5. Loko Café

sumber: instagram @diyawan.new
Mau nongkrong-nongkrong asyik di sekitar Malioboro dan Stasiun Tugu? Loko Cafe tempatnya. Selain tempat yang strategis dan dekorasi yang instagrammable, menu makanan dan minuman di Loko Cafe ini juga menarik, tidak heran Cafe ini selalu ramai sejak dibuka sebulan yang lalu.





6. Monalisa Burger

sumber: twitter @albert_na
Jika kalian sedang berada di daerah UGM, mampir saja ke sini. Burger lokal dengan rasa internasional, dan harga yang miring tentunya. Lokasinya di depan sekolah vokasi UGM yang memang ramai warung tenda kuliner.








7. Jajan Pasar

sumber: twitter @albert_na
Ketika berada di Jogja, Pasar Beringharjo  pasti menjadi destinasi wajib untuk belanja. Jika sudah puas belanja, di depan Pasar Beringharjo ada yang penjual kue Putu, Klepon, Onde-Onde, dan Lumpia. Dengan harga super murah, kalian sudah bisa mengganjal perut dengan jajanan yang enak ini.







Jadi, tunggu apa lagi? Yuk ke Jogja dan coba kulinernya! (Nadzar A. Karimah)

No comments