Header Ads

ad

Manis dan Gurihnya Desa Pagerwojo sampai ke Expo Kecamatan Limbangan

Doc Tim KKN II Undip Desa Pagerwojo

Sabtu (11/08/2018), kelompok mahasiswa KKN Tim II Undip 2018 Desa Pagerwojo mengikuti kegiatan Expo Kecamatan Limbangan dengan tema “Limbangan Night Festival” yang dilaksanakan di lapangan bola Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Expo tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa KKN Tim II Undip yang berada di Kecamatan Limbangan, dosen KKN Undip yang bertanggung jawab untuk daerah Kecamatan Limbangan, yaitu Bapak Dr. Yoyok budi pramono, S.Pt,  M.Si, serta dimeriahkan oleh warga desa sekitar.
Salah satu kegiatan utama di dalam expo tersebut adalah pameran hasil potensi desa masing-masing yang menjadi tempat mahasiswa Undip melakukan kegiatan KKN di Kecamatan Limbangan. Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Pagerwojo berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan  membawa produk hasil potensi Desa Pagerwojo yang telah dikembangkan, yaitu es krim khas Pagerwojo dan kerupuk Ketiren (Kerupuk Pati Aren).
Desa Pagerwojo memiliki beberapa industri rumah tangga yang bergerak dalam produksi contong (cone) es krim yang telah dipasarkan sampai ke kota-kota lain di Jawa Tengah. Selain contong (cone) es krim, industri rumah tangga di Desa Pagerwojo juga memproduksi es krim secara tradisional yang juga tidak kalah saing dengan es krim lain yang biasanya diproduksi oleh pabrik. Selain es krim khas Pagerwojo tersebut, industri rumah tangga yang ada di Desa Pagerwojo juga memproduksi kerupuk hasil olahan sumber daya yang ada di desa, yaitu pati aren, yang kemudian oleh mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Pagerwojo diberi label “Ketiren”. Karena adanya berbagai macam hasil potensi Desa Pagerwojo tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Pagerwojo bersemangat untuk memamerkan dan memasarkan hasil-hasil industri rumah tangga tersebut agar dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan kesadaran akan hasil potensi Desa Pagerwojo kepada masyarakat sekitar.
Para pengunjung expo dengan antusias mendatangi serta mencicipi produk yang disajikan oleh kelompok mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Pagerwojo. Bahkan, di penghujung acara, kelompok mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Pagerwojo mendapat penghargaan sebagai “Produk Terbaik”.
Para perantau yang berasal dari warga Desa Pagerwojo kerap membawa kerupuk ini ke Jakarta maupun luar pulau sebagai oleh-oleh dari kampung halaman. Kebanyakan dari mereka yang pernah mencicipi kerupuk ini biasanya memiliki komentar yang sama, yakni lembut, gurih, dan enak. Salah satu hal yang masih menjadi kekurangan dari kerupuk ini adalah kemasan yang kurang menarik, padahal packaging sangat mempengaruhi ketertarikan konsumen.
Selain itu kerupuk ini dikenal sebagai produk yang berasal dari Kecamatan Boja oleh masyarakat Kecamatan Limbangan itu sendiri, seperti halnya Eskrim khas Pagerwojo. Maka tujuan dari KKN Tim II Undip 2018 Desa Pagerwojo berpartisipasi dalam Expo Kecamatan adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat Limbangan khususnya dan Kendal pada umumnya bahwa Kerupuk Pati Aren dan Eskrim khas Pagerwojo merupakan produk unggulan maupun makanan khas yang berasal dari Desa Pagerwojo.(KKN Tim II Undip Desa Pagerwojo)

No comments