Header Ads

ad

Penutupan ODM 2018 Hadirkan Maskot Gebbit dan Green Habit

sumber: LPM PH

Orientasi Diponegoro Muda sebagai acara tahunan telah terselenggara. Opening dimulai tanggal 6 dengan penyambutan dari Rektor diikuti penyematan almamater hingga tanggal 12 Pendidikan Karakter di fakultas masing-masing sekaligus Closing ODM 2018 untuk persembahan mahasiswa baru 2018. Acara terpenting hari ini adalah menonjolkan 9 sikap keteguhan atau sifat Nawa Natya.
Ada hal baru juga dalam ODM Undip 2018 yaitu pemakaian udeng. Selama ini di Jawa Tengah khususnya kota Semarang tidak memiliki ikon atau atribut khas untuk mahasiswa baru. Dengan pemakaian udeng diharapkan mahasiswa baru bangga dengan Jawa Tengah melalui batik pada udeng. Diharapkan ketika nanti mainset mahasiswa baru sudah bagus, bangga serta tidak malu memakai batik, batik udeng menjadi viral. Mozaik tahun ini juga tergolong baru karena menunjukkan 4 mozaik pixel dengan 2000 mahasiswa yang andil dalam pembuatannya, yaitu mozaik Universitas Diponegoro, Lawang Sewu Semarang, Jawa Tengah dan Asian Games dengan lapisan Merah Putih, Garuda Pancasila dan Harmoni Indonesia.

sumber: LPM PH
Kedatangan menteri Perikanan dan Kelautan Ibu Susi Pudjiastuti juga disambut meriah teman-teman mahasiswa baru. Selama ini Indonesia tertidur karena 75% adalah lautan sebagai sumber daya alam agar laut dapat dikelola dengan baik, dengan kedatangan bu Susi akan membukakan mata, bahwa Indonesa negara yang kaya. Kemenristekdikti bapak Nasir pun datang agar mahasiswa baru memiliki budi pekerti yang luhur yaitu Agent of Change, Iron Stock dan Social Control. Menjadi bangga sekaligus sebagai alumni Undip.
Tema Green Habit memiliki tiga ikon, yaitu satu hari tidak membuang sampah atau botol plastik sembarangan terbukti dari lapangan stadion Undip yang bersih dari sampah. Yang kedua penyematan simbolik 1000 pohon dari mahasiswa baru untuk berkontribusi memberikan pohon kepada Universitas Diponegoro. Yang ketiga adalah penanaman 9 nilai Nawa Natya. Salah satunya penampilan Marching Band dari SMK Kesdam menunjukkan bahwa sikap teguh dan tegas bisa ditularkan kepada teman-teman. Ikon-ikon tersebut bertujuan agar bagaimana cara membangun mainset-mainset yang dianggap sepele menjadi luar biasa sebagai pembuktian dapat mengubah banyak orang dalam satu hari.
Tiap langkah mahasiswa baru memiliki esensi, semua ada alasannya. ODM dibuat tidak semena-mena untuk hiburan semata atau hanya mengejar viral, tetapi bagaimana menanamkan nilai-nilai yang ingin mahasiswa baru dapatkan, mahasiswa menjadi baik dan viral akan mengikuti. Tutur Ketua Bidang PSDM BEM Undip 2018 sebagai Penanggung Jawab Program Kerja ODM Undip, Rifqi Rudwi Raftita. (Alya, Ratna)

No comments