Pelatihan Internal Publica Health 2016: Menimba Ilmu Agar Lebih Baik

Photo: PH
Setiap orang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Ilmu, etika, dan pengalaman adalah beberapa yang menjadi bekal bagi seseorang dalam menjalani hidupnya. Terkait hal tersebut, mahasiswa yang tergabung dalam LPM Publica Health telah mengikuti agenda tahunan, Pelatihan Internal Publica Health atau PIPH. Dalam pelatihan kali inI, topik yang dibahas adalah Public Speaking dan Desain Grafis. Tujuannya tak lain adalah supaya tidak hanya sekedar menjadi jurnalis, tetapi juga jurnalis yang memiliki kemampuan dalam berbicara didepan khalayak dan terampil dalam membuat desain.
                Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (27/02) dihadiri oleh hampir seluruh anggota Publica Health. Dibuka pada pukul 12.30 oleh MC dari staf muda PSDM, kegiatan dimulai dengan jargon yang membuat suasana semakin meriah. Dilanjutkan dengan pembahasan mengenai Public Speaking sebagai topik yang mendapat giliran pertama. Pembahasan berjalan dengan santai dan menarik ketika dibawakan oleh Gusti, selaku pembicara. Sebagai mahasiswa yang berkuliah di FISIP Undip jurusan Komunikasi, tidak dapat dipungkiri dalam menyampaikan topik, Gusti mampu membius peserta pelatihan dengan kepiawaiannya dalam berkomunikasi. Tips dan trik pun diberikan pada saat menyampaikan materi dan sesi pertanyaan. Tak hanya itu, Gusti tak keberatan memberikan pesan-pesan moral, sehingga dalam menjalin komunikasi dapat dilakukan dengan benar dan efektif.
                Tak berselang lama, pembicara kedua hadir di gedung FKM Undip. Waktu yang  telah menunjukkan pukul 14.30, tidak menyurutkan semangat peserta PIPH dalam mengikuti materi kedua sekaligus menjadi materi terakhir. Terbukti dari antusias peserta dalam mengikuti materi Desain Grafis hingga akhir. Dibawakan oleh pembicara yang tidak kalah handal dan berpengalaman, Imam Subha Ari Pamungkas atau biasa dipanggil Imam. Tak membuang banyak waktu untuk menjelaskan teori yang berkaitan dengan desain, Imam segera melanjutkan dengan praktik yang juga diikuti oleh peserta. Mahasiswa yang berkuliah di FKM Undip, peminatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja ini tak segan-segan membagi pengalaman dan pengetahuannya pada seluruh peserta.
                Kegiatan PIPH diakhiri dengan pemberian plakat kepada pembicara. Matahari yang mulai tenggelam, mengiringi akhir dari pelatihan yang berlangsung sekitar lima jam. Kegiatan rutin tahunan ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa yang tergabung dalam LPM Publica Health dalam menambah ilmu dan mengembangkan kemampuan sebagai bekal untuk jurnalis yang mumpuni. (Santya)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.