Kenali Ilmu Kejurnalistikan lebih Dalam Melalui PIPH

Photo: PH
                Pelatihan Internal hari kedua LPM Publica Health telah dilaksanakan pada Minggu (28/2). Pelatihan yang dilaksanakan di ruang D.201.1 FKM Undip  tersebut mengangkat materi tentang kejurnalistikan. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan jurnalistik kepada pengurus LPM PH 2016, sehingga pengurus LPM PH dapat melahirkan karya-karya hebat dibidang penulisan.
                Mahasiswa diajak untuk menjadi seorang jurnalis yang sesungguhnya. Bukan saja memahami teori tentang kejurnalistikan, mahasiswa juga diajarkan bagaimana seorang jurnalis bekerja mulai dari proses pencarian berita, hingga akhirnya berita tersebut terbit dan dinikmati oleh pembacanya.
                “Proses pembuatan berita dimulai dari pencarian berita dengan melakukan reportase, kemudian dikirim kepada redaktur untuk memperbaiki tulisan, kesalahan tanda baca, dan supaya berita enak dibaca, sampai akhirnya berakhir ditangan pimpinan redaksi” ujar Adi Nugroho (28/02) selaku pembicara dalam acara tersebut.
                Pemaparan mengenai tata cara penulisan berita tidak hanya dilakukan secara penuturan saja, namun mahasiswa juga dilatih membuat berita dari suatu kejadian yang ditampilkan di LCD. Adi Nugroho, Dosen S2 FISIP Undip tersebut juga membawa contoh-contoh berita yang telah dimuat dikoran Suara Merdeka. Beliau juga memperlihatkan dan mempraktekan cara penggunaanvoice recorder yang senantiasa seorang wartawan bawa ketika sedang melakukan wawancara.
                “Pelatihan hari ini bagus, sangat berkesan dan berguna bagi kita sebagai jurnalis muda yang dapat diberi pandangan tentang dunia kejurnalistikan itu seperti apa, tentang cara menulis, wawancara, meliput berita, sampai public speaking. Dengan cara seperti ini dapat juga memberi motivasi, stimulus agar dapat bekerja optimal untuk awal periode dan mengeratkan tali silaturahmi antar sesama anggota Publica Health” tutur Muhammad Aldi Taufiq (28/02) saat memberikan kesan dan pesan penutup acara.
                Diakhir acara, Adi Nugroho tidak lupa memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membuat sebuah berita dari tiga pilihan tema yang sudah ditentukan. Karya terbaik yang terpilih nantinya akan dipublish ke dalam blog milik Adi Nugroho tersebut. (Heni)


Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.