Header Ads

ad

Langkah Menuju Derajat Kesehatan Lebih Baik

Photo : twitter.com/rakernasISMKMI8
Tahun ini Undip menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (Rakernas ISMKMI). Salah satu dalam serangkaian acaranya adalah Seminar Nasional yang diselenggarakan pada Senin(27/5) di Gd. Pascasarjana Undip Pleburan. Pesertanya yaitu delegasi ISMKMI dari wilayah 1, 2, 3 dan 4, delegasi dari bem dan ukk, serta peserta dari S1 maupun umum.
Semnas kali ini mengangkat tema tentang “Tantangan dan Masa Depan Pembangunan Kesehatan Indonesia Refleksi UU BPJS dan PP No 109/2012”. Sesi I dengan pembahasan tentang Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) diisi oleh Ni Mas Ratna Sudewi (Perwakilan PT. ASKES), dr. Sutopo Patria Jati, MM, M. Kes (IAKMI Jateng), dengan moderator Dr. dr. Bagoes Wijanarko, MPH (PD 1 FKM Undip). Sedangkan pada sesi II dengan pembahasan tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR),
diisi oleh dr. Kartono Mohammad (Ketua TCSC IAKMI), Perwakilan DPRD Kota Semarang, V.G. Tinuk Istiarti, M.Kes (Dekan FKM Undip) dan moderator dr. Sri Winarni, M.Kes (Dosen FKM Undip).
"Pelayanan kesehatan meningkat sangat tajam. Kecenderungan masih berpihak terhadap pelayanan kesehatan kuratif daripada preventif. Sosialisasi, distribusi, standardisasi perlu ditingkatkan," jelas Ibu Ratna Sudewi.
"Baru FKM Undip yang berani mendeklarasikan KTR di Universitas Diponegoro. No smoking, no sex, no drug," jelas Dosen FKM Undip, Dra. V. G. Tinuk Istiarti, M. Kes.
Antusiasme peserta tercermin dari keaktifan peserta dalam bertanya. Acara yang mengusung model talkshow ini bisa dibilang sukses menyedot perhatian peserta. Sampai hari H, masih ada beberapa orang yang ingin mendaftar. Namun, pihak panitia terpaksa menolak karena jumlah peserta yang terdaftar sudah memenuhi kuota.
Setelah pemaparan dari seluruh pembicara, dilakukan sesi tanya jawab. Acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan ditutup dengan jargon bersama seluruh peserta. "FKM, satu! ISMKMI, maju!" ucap seluruh peserta. (Sarah K.)

No comments