Masukkan iklan disini!

Inovasi Bercahaya, Saklar Otomatis Wujudkan Solusi Energi

 

Pemasangan saklar otomatis pada lampu

 (Sumber : Dokumen Pribadi)


Karangtengah, Sukoharjo (10/08/2023) – Perkembangan teknologi berbanding lurus dengan penggunaan energi listrik yang meningkat. Bersamaan dengan peningkatan penggunaan energi listrik menimbulkan tantangan dalam efisiensi dan penghematan energi. Salah satu masalah yang dihadapi adalah penggunaan yang tidak efisien, terutama ketika peralatan listrik dibiarkan aktif tanpa pengawasan, seperti lampu yang sering ditinggal menyala meskipun tidak ada aktivitas dalam ruangan.

Pembuatan saklar otomatis muncul sebagai solusi terhadap masalah tersebut. Nazra Aulia Ardi, mahasiswa Tim II KKN Undip berusaha untuk menciptakan solusi yang sederhana namun efektif untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya efisiensi energi dan pemanfaatan teknologi yang cerdas. Saklar ini dilengkapi sensor gerak yang mampu mendeteksi keberadaan seseorang di dalam ruangan. Saklar akan mengaktifkan peralatan listrik seperti lampu jika sensor mendeteksi keberadaan seseorang.

Sebelum peluncuran, dilakukan sesi edukasi kepada masyarakat Desa Karangtengah mengenai cara kerja saklar listrik otomatis ini. Pada sesi edukasi dijelaskan mengenai manfaat dalam menghemat energi dan mengurangi kekhawatiran terhadap pemakaian listrik berlebih. Para warga sangat antusias dengan konsep inovatif ini dan menunjukkan minat yang tinggi untuk mengadopsi di rumah masing-masing.

Adanya proyek saklar otomatis ini menunjukkan bahwa inovasi sederhana memiliki dampak besar dalam kehidupan sehari-hari. Inisiatif ini juga memberikan contoh nyata bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan kenyamanan, efisiensi, dan kesadaran akan penggunaan energi di masyarakat. (  Nazra Aulia Ardi – KKN Tim II UNDIP 2022/2023 )

No comments