Masukkan iklan disini!

TRANSFORMASI DIGITAL MENYAPA, TINGKATKAN KUALITAS MAJUKAN BANGSA

 

Karangtengah, Sukoharjo (06/08/2023) – Kebutuhan pengelolaan data yang efisien dan terpercaya sangat dibutuhkan sehingga perlu dilakukan perubahan menjadi digital. Pelatihan pembuatan kuesioner dan database dengan menggunakan Google form dan Google drive kepada bidan dan kader Posyandu Desa Karangtengah dilakukan pada tanggal 5 Agustus 2023 di Puskesmas Pembantu Kecamatan Weru. Pada pelatihan tersebut Fitriana Nur Azizah, mahasiswa KKN Tim II UNDIP membimbing para peserta menggunakan Google form sebagai alat pengumpulan data yang praktis dan efektif.

Para peserta mendapatkan pemahaman tentang cara mengisi formulir digital, seperti jenis pertanyaan, cara menginput gambar, dan berbagai pengaturan. Para peserta juga mendapatkan panduan pembuatan database menggunakan Google drive serta cara mengelola hasil yang diperoleh dari Google form menjadi data yang terstuktur  menggunakan Google documents dan spreadsheets.

Pelatihan Pembuatan Google Form (Sumber : Dokumen Pribadi)

Bu Titik, Bidan Desa Karangtengah mengakui manfaat besar yang diberikan dengan adanya pelatihan ini. “Saya merasa sangat terbantu dengan adanya Google Form dalam melakukan pendataan. Prosesnya lebih cepat daripada melakukan pendataan manual,” ucap beliau. Dengan adanya digitalisasi ini diharapkan para peserta dapat mengoptimalkan pelayanan kesehatan pada Desa Karangtengah dan menjadikan posyandu di Desa Karangtengah sebagai contoh inspiratif bahwa inovasi dapat merespon tantangan zaman, melayani masyarakat dengan lebih baik, dan membuka jalan menuju masa depan yang lebih sehat dan berkualitas (Fitriana Nur Azizah – KKN Tim II UNDIP 2022/2023)


No comments