Masukkan iklan disini!

Gebrak Kecerdasan Listrik, Bangun Keselamatan Sejak Dini

Sosialisasi kepada siswa kelas 6 SDN 01 Karangtengah

 (Sumber : Dokumen Pribadi)


Karangtengah, Sukoharjo (01/08/2023) – Perkembangan teknologi dan penggunaan peralatan listrik semakin meluas dan mendalam ke dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya keselamatan dalam menggunakan barang bermuatan listrik seringkali mengakibatkan risiko bahaya yang dapat dihindari, terutama di kalangan anak-anak. Oleh karena itu penting untuk dilakukan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang risiko dan cara penggunaan listrik yang aman sejak usia dini.

Nazra Aulia Ardi, mahasiswa KKN Tim II UNDIP melakukan sosialisasi kepada siswa kelas 5 SDN 01 Karangtengah mengenai keselamatan dan kesehatan kerja listrik yang dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2023 di ruang kelas 6 SDN 01 Karangtengah. Pada awal kegiatan para siswa diajak untuk menonton video Upin dan Ipin tentang keselamatan listrik. Setelah itu, para siswa mulai dijelaskan mengenai pengertian energi listrik, kegunaan listrik, bahaya listrik, dan langkah-langkah pencegahan agar tetap aman saat menggunakan listrik. Langkah-langkah pencegahan yang dicontohkan kepada para siswa antara lain tidak bemain laying-layang di dekat jaringan listrik, tidak menggunakan handphone ketika sedang dicas, tidak meninggalkan setrika dalam keadaan menyala, dan lain-lain. Sosialisasi berjalan interaktif antara mahasiswa dan siswa karena para siswa aktif bertanya dan menjawab. Pada akhir kegiatan pemateri mengajak para siswa untuk membagikan informasi ini pada keluarga.

Antusiasme siswa mengikuti sosialisasi 

(Sumber : Dokumen Pribadi)

“Sosialisasinya sangat seru, apalagi ada pemutaran videonya. Materi yang diberikan juga pakai animasi jadi ngga bosen nyimak Kak Nazra,” ucap Vito, salah satu siswa kelas 6 SDN 01 Karangtengah. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para siswa tentang keamanan listrik. Ini adalah langkah penting dalam menciptakan generasi yang lebih sadar akan bahaya potensial serta tahu cara menghindarinya, menjadikan lingkungan sekitar lebih aman dari risiko listrik. Nazra Aulia Ardi – KKN Tim II UNDIP 2022/2023 )


No comments