KOIN ASIX, DAN APA ITU KOIN CRYPTO ?


Sumber: CFO.com

Topik mengenai cryptocurrency kembali menjadi perbincangan hangat setelah Anang Hermansyah meluncurkan bisnis Token ASIX. Warganet semakin ramai mencuitkan pro dan kontranya di media sosial saat Bappebti memberikan pernyataan larangan terhadap Token ASIX di twitter. Sebenarnya, apakah itu cryptocurrency?

Secara sederhana, cryptocurrency dapat dikatakan sebagai mata uang yang berbentuk digital. Koin kripto tidak memiliki bentuk fisik, tetapi dapat digunakan sebagai alat transaksi online. Saat ini, cryptocoin, baik yang memiliki volume perdagangan maupun tidak, diperkirakan berjumlah lebih dari 10.000 jenis. 

Tren cryptocurrency di Indonesia menjadikan kripto sebagai salah satu bentuk simpanan dan investasi yang diperjualbelikan. Namun, berdasarkan Pasal 1 Ayat 1 UU No. 7 Tahun 2011, Indonesia hanya mengakui Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah. Artinya, cryptocurrency tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Token ASIX merupakan salah satu bentuk aset kripto. Dalam pemasarannya, Anang menggandeng rekan artis seperti Ariel, Judika, dan Kevin Aprilio yang dikatakan telah membeli Token ASIX sebagai investasi. Warganet ramai memberikan opininya, terutama setelah melihat sasaran bisnis yang menjurus kepada ibu rumah tangga. Konsumen juga melaporkan loss yang besar pada investasi Token ASIX-nya tanpa mengetahui sistem dalam cryptocurrency.

Topik semakin hangat setelah Bappebti memberikan respon di twitter. "Selamat siang, dapat kami sampaikan bahwa token ASIX dilarang untuk diperdagangkan karena tidak termasuk dalam 229 aset kripto yang boleh diperdagangkan dalam transaksi aset kripto di Indonesia sesuai Peraturan Bappebti Nomor 7 tahun 2020. Terima kasih," cuit Bappebti melalui akun twitter @InfoBappebti.

Tak tinggal diam, Ashanty menuliskan klarifikasi melalui akun Instagramnya pada Jumat, 11 Februari 2022. "(Token ASIX) sedang proses pendaftaran bersama token-token lainnya yang masih banyak dalam proses pendaftaran," tulis istri dari Anang Hermansyah ini.

"Di dunia bisnis kripto ini, kan, memang kita nggak boleh baper," pungkas Ashanty di Kantor Bappebti (11/2/2022). "Artinya, kita bukan pengendali keuangan kalian. Untuk orang yang tahu kripto, enak jelasinnya. Ya, tapi untuk yang belum tahu memang ada sedikit lebih effort untuk memberikan pengetahuan lebih," imbuhnya.

Banyaknya customer baru Token ASIX cukup menandakan bahwa pembelian kripto mudah untuk dilakukan. Normalnya, untuk membeli kripto, seseorang hanya perlu membuka rekening pada perusahaan penjual aset yang telah terdaftar di Bappebti, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi identitas, tahapan layanan costumer. Apabila dinyatakan lulus atau disetujui oleh investor, maka transaksi jual beli cryptocoin sudah dapat dilakukan. Selain itu, masyarakat dapat membeli melalui broker cryptocurrency, yakni platform yang dapat membantu seseorang dalam memperjual-belikan crypto coin. 

Dalam investasi kripto, jual beli saja tidaklah cukup. Melihat banyaknya customer Token ASIX yang merasa rugi dan mempertanyakan uang mereka, pembelian kripto perlu diiringi dengan edukasi dan pemahaman sistem cryptocurrency itu sendiri. 

Cryptocurrency memiliki kelebihan, diantaranya :

  1. Universal, artinya kripto memiliki nilai yang sama di negara satu dan lainnya. Transaksi kripto antarnegara tidak perlu dikonversi sebagaimana sistem kurs mata uang biasa.
  2. Sistem transaksi cepat
  3. Transparansi jelas, ini dikarenakan cryptocurrency memakai sistem blockchain yang mencatat seluruh transaksi dalam ledger terbuka. Sistem ini lah yang membuat data cryptocurrency dapat dilihat oleh publik kapan saja. 
  4. Bisa dikendalikan sendiri

Namun, cryptocurrency juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya yakni :

  1. Rentan kejahatan, dengan bentuknya yang berbasis teknologi memungkinkan cryptocurrency mengalami cyber crime, kejahatan ini bisa berupa hilang atau dicurinya coin seperti kasus pembobolan exchange pada tahun 2011 lalu.
  2. Rentan penyalahgunaan, sistem cryptocurrency dapat meningkatkan transaksi dengan adanya perputaran ekonomi, namun hal ini justru dapat menimbulkan penyalahgunaan seperti pencucian uang dan penggelapan pajak.
  3. Fluktuatif, peningkatan dan penurunan nilai koin crypto bisa terjadi dengan sangat cepat dan extrim dalam waktu yang singkat.
  4. Kurangnya regulasi di Indonesia, sampai saat ini regulasi mengenai cryptocurrency di Indonesia masih sangat minim, selain tren ini masih terbilang baru, Indonesia juga hanya menjadikan mata uang rupiah sebagai alat transaksi yang sah.

Token ASIX dan cryptocurrency memang terlihat menggiurkan. Tak ayal, baik token ASIX dan kripto akan memiliki harga tinggi mengikuti hukum permintaan dan penawaran. Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa dunia cryptocurrency tidak melulu soal cuan. Ada risiko tinggi dan loss yang tidak dapat diprediksi. Akhir kata, konsumen harus bisa memilih bentuk investasi terbaik bagi asetnya. Konsumen juga diharapkan dapat melakukan pengecekan koin kripto yang terdaftar oleh Bappebti agar tidak terjerat kripto illegal. Manajemen risiko perlu ditegakkan dan digalakkan. Cuan boleh dicari, tapi jangan lupa bahwa kejahatan dan risiko besar bisa saja terjadi. (PH TV)


Link:

https://glints.com/id/lowongan/cryptocurrency-adalah/

https://liff.line.me/1454988026-zWDdDpKq/v2/article/kEY0GqL?utm_source=copyshare

https://twitter.com/InfoBappebti/status/1491630939528589313?t=SZaUv_OHmh7IS2GvPpyI7w&s=19

https://mediaasuransinews.co.id/news-in-brief/memahami-cryptocurrency-kelebihan-dan-kekurangannya/

https://katadata.co.id/muchamadnafi/finansial/60d5a2c4583f4/crypto-mengenal-uang-kripto-sampai-cara-transaksinya

https://learn2.trade/id/broker-cryptocurrency

https://www.investopedia.com/tech/most-important-cryptocurrencies-other-than-bitcoin/

No comments