Gempa Magnitudo Melanda Wilayah Pasaman Barat



sumber : liputan 6.com

Pada Jumat (25/2/2022) pukul 08.39 WIB gempa bumi magnitudo 6,2 SR melanda Pasaman Barat, Sumatera Barat. Guncangan gempa ini terasa hingga sejumlah kabupaten dan kota lainnya di provinsi Sumatera Barat seperti Padang, Limapuluh Kota, Agam, dan Padang Panjang.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan gempa ini berlokasi di 0.15 LU, 99,98 BT (Pusat gempa berada di darat 17 km Timur Laut Pasaman Barat) dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami. Getaran gempa ini membuat warga panik dan berhamburan keluar dari rumah untuk mencari tempat yang lebih aman.

Sebelumnya gempa terjadi pada pukul 08.35 WIB atau empat menit sebelum gempa kedua, telah terjadi dengan kekuatan Magnitudo 5,2 SR. Namun berselang beberapa waktu, suasana kembali tenang dan kondusif.

BMKG Padang Panjang meminta agar masyarakat tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan serta tidak mudah terpengaruh oleh berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. (Yuliana Ambarwati, Buletin)

No comments