Mahasiswa KKN Tematik Undip 2021 Membantu Tingkatkan Antusiasme Vaksinasi Desa Jubelan Sumowono


sumber : dokumen pribadi

Dalam menghadapi kemungkinan penyebaran serta mutasi yang terdapat pada virus penyebab COVID-19, maka perlu dilakukan beberapa strategi agar virus ini tidak menyebar lebih luas lagi, seperti contoh melakukan 3T (Test, Trace, Treat) dan menggerakan Germas dengan cuci tangan pakai sabun, mengubah pola hidup sehat, menggunakan masker atau 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

sumber : dokumen pribadi

Pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Desa Jubelan 2021 di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang, Tim KKN-T mempunyai peran penting untuk pengabdian masyarakat di Desa khususnya vaksinasi yang sekarang sedang gencar-gencarnya diadakan di seluruh Indonesia. Selain kegiatan Vaksinasi, penyuluhan juga dilakukan dibeberapa tempat pada saat vaksinasi dilakukan guna masyarakat yang telah melakukan vaksinasi tetap melakukan 3 M. Kegiatan ini didukung dengan membagikan masker dan menjelaskan 3M dalam bentuk poster yang betujuan agar masyarakat selalu ingat 3 M.

sumber : dokumen pribadi

Kegiatan vaksinasi kepada masyarakat ini berada diwilayah kerja Balai Desa Jubelan, Dusun Suruhan dan Poliklinik Kesehatan Desa (PKD). Kegiatan vaksinasi diadakan di Balai Desa dilakukan pada tanggal 29 September dan 6 Oktober 2021, Dusun Suruhan 29 September 2021, di PKD 31 Oktober 2021. Rata-rata kegiatan vaksinasi dilaksanaan dari pukul 07.30 – 14.00 WIB. Masyarakat yang datang terlihat sangat antusias dan tertib untuk melakukan vaksinasi. Selain itu tim KKN-T juga membantu dalam melayani masyarakat selama kegiatan vaksinasi berlangsung. Berdasarkan data BPS Kabupaten Semarang tahun 2020, jumlah penduduk Desa Jubelan sebanyak 3481 jiwa dengan jumiah penduduk perempuan sebanyak 1706 jiwa dan jumiah penduduk laki-laki sebanyak 1775 jiwa. Dari informasi yang didapatkan melalui Sekretaris Desa Jubelan, sekitar 84% penduduk Desa Jubelan sudah menerima Vaksinasi Covid-19. (Tim KKN-T Undip Desa Jubelan 2021)

No comments