Wajib Pakai Masker, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF Melakukan Edukasi 5M dan Memakai Masker dengan Benar pada Anak-anak Melalui Poster Edukatif


Sumber: Dokumen Pribadi


Semarang (7/11/2021) - Di masa Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, penerapan protokol kesehatan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Manfaat jangka panjang dari protokol kesehatan antara lain adalah disiplin protokol kesehatan akan membuat perilaku hidup bersih dan higienis sehingga akan mengurangi beban penyakit, bukan hanya COVID-19 di lingkungan masyarakat.

Saat ini Vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun masih belum sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah, maka dari itu anak-anak di bawah usia 12 tahun harus diajarkan betul dan diperkenalkan terkait penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan belajar memakai masker yang benar dan sering mencuci tangan. Selain itu dengan adanya penurunan kasus COVID-19 di Jawa Tengah khususnya Kota Semarang, orang tua mulai mengizinkan anak-anaknya keluar rumah untuk bermain bersama teman-temannya. Namun hal ini tidak diimbangi dengan edukasi protokol kesehatan yang ketat.

                             

Sumber: Dokumen Pribadi


Berangkat dari permasalahan yang ada, mahasiswa KKN-T UNDIP melakukan edukasi kepada anak-anak di RW 06 Kelurahan Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah terkait bagaimana cara menggunakan masker dengan benar dan Edukasi 5M dengan menggunakan media Poster Edukatif. Kegiatan dilakukan pada tanggal 6 dan 7 November 2021 di lingkungan RW 06 Kelurahan Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah pada saat anak-anak sedang bermain. Edukasi dilakukan dengan pembagian masker dan praktik menggunakan masker dengan benar serta pemberian susu kotak kepada anak-anak yang telah mengikuti kegiatan edukasi. Nantinya Poster Edukatif juga akan di tempelkan di majalah dinding RT/RW agar anak-anak yang sedang bermain melihat secara mudah terkait informasi penggunaan masker dengan benar dan protokol kesehatan 5M.


                             

Sumber: www.promkes.go.id / Riset dan Grafis: Dyah Ayu Nuraini

Setelah edukasi dilakukan, mahasiswa akan melakukan pengamatan kepada anak-anak yang sedang bermain, apakah hasil dari pemberian edukasi dapat diterapkan dengan baik oleh anak-anak. Diharapkan anak-anak sudah mulai untuk sadar akan pentingnya menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan, sehingga anak-anak akan memiliki proteksi untuk mencegah terjangkitnya virus COVID-19.

Penulis: Dyah Ayu Nuraini – Fakultas Kesehatan Masyarakat

Dosen Pembimbing:

1. Dr. Adi Nugroho, M. Si.

2. Dr. Ir. Martini, M. Kes

Lokasi KKN: RW 06, Kel. Pendrikan Lor, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang

Sumber:

- Monitoring Kepatuhan Protokol Kesehatan Tingkat Nasional (www.covid19.go.id) oleh Satgas COVID-19 Indonesia.

-CNN Indonesia “Pemerintah Kaji Vaksin COVID-19 bagi Anak di Bawah 12 Tahun” https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211002113407-25-702459/pemerintah-kaji-vaksin-covid-19-bagi-anak-di-bawah-12-tahun

No comments