Masukkan iklan disini!

Hari-H Pemiltas Semakin Dekat: Kampanye dan Debat Sebagai Ajang Unjuk Bakat!


sumber : dokumen pribadi

Pemiltas FKM Undip tahun ini terasa berbeda, pasalnya hanya ada satu pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua BEM yang mengajukan diri. Artinya, pada pemiltas tahun ini, pasangan calon yang mendaftar akan kembali melawan kotak kosong. Satu paslon tersebut adalah Muhammad Hafidz Naffisil Kurba - Muhammad Sidiq Pamungkas. Meskipun melawan kotak kosong, rangkaian acara pemiltas tetap berjalan dengan baik, salah satunya adalah dengan adanya kampanye dan debat terbuka yang diselenggarakan pada Jumat, 18 November 2021 di Microsoft Teams.

Dalam acara kampanye dan debat terbuka yang digelar pada Jumat malam, paslon 1 yang mengangkat nama kabinet “Kreasi Intuisi” tersebut memaparkan visi dan misinya. Pasangan Hafidz-Sidiq membawa visi “Tertajamnya Intuisi BEM FKM Undip 2022 sebagai Karya Cipta Kreasi Aksi Nyata untuk FKM, Undip, dan Indonesia”, dilengkapi dengan enam misi yang tertera dalam grand design organisasi yang telah mereka buat. Ada yang menarik dari debat kali ini, pasalnya Hafidz-Sidiq menginginkan perubahan untuk FKM lebih baik dengan membuat bidang baru, yaitu Minat dan Bakat. Tentu saja ide ini menuai pro dan kontra. Pasalnya, pembuatan bidang baru ini dianggap akan berbenturan dengan tupoksi dari UKMF yang ada di FKM, utamanya yang menaungi bidang minat dan bakat. Namun, Hafidz-Sidiq menyatakan bahwa bidang ini digunakan sebagai pintu masuk utama terkait informasi minat dan bakat, kemudian info tersebut akan diteruskan ke UKMF. Mereka juga memastikan bahwa program kerja dari bidang ini tidak akan memiliki kesamaan dengan tupoksi UKMF terkait sehingga tidak akan terjadi benturan.

Debat yang berlangsung selama beberapa jam itu berjalan cukup alot. Pasangan calon nomor 1 ini mendapatkan banyak pertanyaan dari panelis dan audiens mengenai program-program yang mereka rencanakan. Hafidz-Sidiq juga mendapatkan banyak masukan agar program yang mereka bawa kedepannya bisa lebih sesuai dengan FKM Undip. Warga FKM yang bergabung pun dapat melihat bagaimana kemampuan Hafidz-Sidiq dalam menanggapi pertanyaan dan kritik yang diberikan. Selain debat calon Ketua dan Wakil Ketua BEM, kegiatan kali ini juga diisi dengan pemaparan visi dan misi dari calon senator angkatan 2019, 2020, dan 2021. Kegiatan ini sedikitnya dapat membuat warga FKM mengenal lebih dalam paslon 1 dan juga calon senator angkatan, sehingga mereka nantinya dapat menggunakan suaranya dengan bijak. (Tim Pemantau Pemiltas)

No comments