Header Ads

ad

Seaweed Jelly Drink, Minuman Sehat Karya Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Desa Sowan Lor


Jepara (5/08/2018) bertempat di Balai Desa Sowan Lor anggota Kelompok PKK adakan pertemuan rutin bulanan. Pertemuan ini diisi dengan pemaparan program multidisiplin oleh mahasiswa KKN UNDIP, berupa pembuatan produk jelly dari ekstrak rumput laut.
     Kegiatan rutin PKK ini dimulai pada pukul 10.00 WIB, kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan bacaan tahlil. Selanjutnya pemberian sambutan oleh sekretaris sekaligus penggerak kelompok PKK. Dalam sambutan ini  sekretaris menjelaskan seputar kegiatan PKK diselingi dengan sharing kepada anggota PKK seputar kehidupan mahasiswa KKN yang tinggal di rumah milik sekretaris PKK. 

Doc Tim KKn II Undip Desa Sowan Lor


Sehubungan dengan pelaksanaaan kegiatan multidisiplin oleh mahasiswa KKN pertemuan ini juga dihadiri oleh salah satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pada kesempatan kali ini DPL memberikan sambutan serta ucapan terimakasih kepada anggota PKK yang hadir karena telah menerima mahasiswa KKN dengan baik.
    Kegiatan inti berisi tentang peragaan cara membuat produk jelly dari ekstrak rumput laut oleh mahasiswa KKN yang dinama sebagai Seaweed Jelly Drink. Seaweed jelly drink merupakan inovasi minuman sehat yang bebas dari bahan kimia dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.  Pada peragaan ini para mahasiswa juga menjelaskan keuntungan menggunakan  ekstrak rumput laut sebagai bahan utama pembuatan minuman jelly dibandingkan jika menggunakan bahan sintesis. Selain itu juga dipaparkan komposisi bahan-bahan yang tepat untuk menghasilkan minuman jelly dengan rasa sempurna. Mahasiswa juga membagikan bubuk karagenan kepada masing-masing anggota PKK.
Dalam kegiatan ini, mahasiswa memaparkan secara langsung dan mempraktekkan proses pembuatan Seaweed Jelly Drink kepada ibu-ibu anggota PKK. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga membawa produk jelly drink yang sudah jadi dan dibagikan kepada para ibu-ibu.  Para ibu-ibu anggota PKK memberikan respon yang sangat baik dan sangat antusias selama proses pemaparan oleh mahasiswa KKN berlangsung. 
Di akhir kegiatan, para mahasiswa juga membagikan bubuk karagenan gratis yang sudah dtakarkan kepada para anggota PKK, agar mereka bisa langsungmempraktekkan sendiri dirumah cara membuat Seeweed Jelly Drink Kegiatan ini diakhiri dengan doa dan foto bersama oleh anggota kelompok PKK, DPL serta mahasiswa KKN UNDIP.   (KKN TIM II UNDIP Desa Sowan Lor)

No comments