Header Ads

ad

Pemilihan Dekan FKM Tidak Melibatkan Suara Mahasiswa

Sumber : LPM Publica Health

Universitas Diponegoro merupakan salah satu universitas berpredikat PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) artinya universitas dengan status sebagai badan hukum publik yang otonom. Salah satu ciri khas dari PTN BH adalah perguruan tinggi diberi kewenangan untuk mengurus segala hal secara mandiri misalnya pemilihan dekan yang merupakan wewenang rektor.
Masa kepemimpinan Hanifa Maher Denny, S.KM, M.Ph, Ph.D selaku dekan Fakultas Kesehatan Mayarakat Universitas Diponegoro periode 2015-2019 akan segera berakhir dan digantikan oleh dekan yang baru. Prosedur pelaksanaan pengisian jabatan dekan fakultas/sekolah pada Universitas Diponegoro tertuang dalam Peraturan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 8 Tahun 2018. Tahapan proses pengisian jabatan dekan di FKM UNDIP dimulai dengan penjaringan bakal calon, dilanjutkan dengan penyaringan calon lalu ditetapkan kandidat yang dianggap paling pantas dan akan melaksanakan tugasnya sebagai dekan. Melalui beberapa proses tadi telah terpilih 4 nama kandidat calon dekan FKM Undip periode 2019-2023, yakni Dr. Nurjazuli, SKM, M.Kes, Dr. Ir. Mursid Raharjo, M.Si, dr. Martha Irene K., M.Sc, Ph.D, dan Dr. Budiyono, SKM, M.Kes. Para calon dekan merupakan dosen-dosen FKM UNDIP yang menerima amanah untuk menjadi dekan FKM selanjutnya.
“Teknis pemilihan dekan periode ini berbeda dengan teknis pemilihan dekan periode lalu. Bedanya, jika periode lalu mahasiswa mempunyai suara walaupun hanya 20%. Namun, pada periode sekarang mahasiswa tidak mempunyai suara.”  ujar M. Athtuur Zulkarnain selaku Kepala Bidang Sosial dan Politik BEM FKM UNDIP 2018.
          Terkait pemilihan dekan periode 2019-2023 tim LPM Publica Health dan BEM FKM khususnya Bidang Sosial dan Politik bekerja sama dalam mengawal isu ini. Beberapa kegiatan telah diadakan untuk mengawal isu pemilihan dekan antara lain : rapat senat terbuka yang telah dilaksanakan 3 September 2018 di Hall Gedung D FKM Undip dengan agenda Pemaparan Rencana Kerja Peningkatan Kualitas FKM oleh para calon dekan,  MASSA yang diadakan 13 September, dimana seluruh civitas akademika diberi hak untuk menyampaikan pesan dan harapannya demi kesuksesan FKM di masa mendatang. Pada di 17 September mendatang juga akan diadakan rapat senat tertutup guna mengawal isu pemilihan dekan FKM periode 2019-2023 ini.  (Amira, Ivana & Astriyana)

No comments