Header Ads

ad

KSR Menangkan 3 Cabang Lomba di Ajang Jumbara dan Temu Karya Se-Kota Semarang

sumber: KSR FKM Undip
Jumbara dan Temu Karya merupakan kegiatan yang rutin diadakan tiap 2 tahun sekali oleh PMI Markas Kota Semarang. Tahun ini bertempat di Jatirejo, Gunung Pati. FKM mengeluarkan 1 tim kontingen terdiri dari 10 orang ditambah 1 official. KSR FKM Undip telah memenangkan 3 cabang perlombaan dari 6 cabang Lintas Terampil, terdiri dari Assesment Juara II, Posko Juara II, dan Dapur Umum Juara III serta memenangkan Grade A.
Jumbara dan Temu Karya terdiri dari 2 bagian yaitu PMR dan KSR. PMR mula (SD), madya (SMP) dan wira (SMA). PMR hanya melakukan kegiatan lomba saja, sedangkan KSR mengikuti kegiatan lomba sekaligus mengurus jalannya lomba agar berjalan dengan lancar seperti mendata peserta atau cabang Assement. Selain lomba, Untuk KSR ajang ini meupakan tempat mempraktikan teori yang sudah dipelajari sebelumnya.
Kendala yang dialami selama kegiatan yaitu suhu di lokasi. Meski berlokasi di gunung, area yang ditempati adalah area bumi perkemahan sehingga suhunya sangat panas. Lokasi ini terbilang baru karena baru beberapa kali dipakai sehingga fasilitas yang tersedia masih kurang. Kesulitan air karena fasilitas kamar mandi belum berjalan serta kesusahan listrik juga menjadi kendala dalam menjalankan kegiatan.
Walaupun banyaknya kendala, acara tetap berjalan lancar dan seru karena lomba ini menjadi ajang pertemuan dengan KSR dari 12 Universitas serta bertemu anak-anak PMR dari berbagai tingkatan. Program terbaru Markas PMI yaitu Latihan Gabungan dan memberi sosialisasi kepada anak PMR tentang hygiene dan sanitasi di lokasi tanggap darurat. Suasana “Santai namun Sesuai” cocok menggambarkan lomba ini.
Perwakilan KSR FKM Undip juga sangat membanggakan. Public speaking yang baik menjadi nilai tambah KSR FKM dalam mengikuti kegiatan ini.  Banyak juga mahasiswa dari KSR FKM ditunjuk sebagai Front Liner untuk berbicara di depan.
Dengan adanya kegiatan ini, menjadi ajang dalam pengembangan diri para anggota KSR FKM Undip. Sehingga menjadi selangkah lebih maju untuk meningkatkan standar KSR FKM Undip. (Alya Binda dan Choirun Nisa)

No comments