Header Ads

ad

Semarak Bulan K3


Sumber : doc.pribadi
Bina Kurniawan, selaku Ketua Bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja menegaskan bahwa peringatan Hari K3 Nasional yang dilakukan oleh mahasiswa K3 atau OSH forum (Occupational Safety and Health forum) Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Diponegoro merupakan salah satu  strategi untuk mendorong semua pihak berpatisipasi aktif didalam membudayakan K3 di Indonesia.
          Beliau mengatakan hal ini juga dipengaruhi oleh masa pemerintahan sekarang, dimana memprioritaskan pembangunan infrasruktur,seperti pembangunan jalan tol, gedung-gedung, serta sarana –prasarana penunjang lainnya. Sehingga, tidak dapat dipungkiri bahwa kejadian kecelakaan kerja ditempat kerja akan sering dijumpai tanpa adanya pengawasan dan pelaksanaan K3 serta kesadaran pekerja untuk membudayakan K3 ditempat kerja.      
          “Jika budaya K3 dapat diterapkan pada lingkungan kerja,maka kasus kecelakaan yang terjadi akibat kerja di Indonesia dapat dikurangi. Hal tersebut akan berdampak positif juga bagi pekerja yaitu bisa bekerja dengan aman,sehingga produktivitasnya dapat meningkat” jelas Beliau yang ditemui di car free day.
          Dalam kesempatan peringatan K3, OSH forum memiliki mega proyek yaitu menghimbau, mengajak, serta mendorong kepada seluruh masyarakat agar mampu menerapkan budaya K3 ditempat kerja. Dengan tema “mewujudkan kemandirian kebudayaan K3 di Indonesia Tahun 2020”. Rangkaian demi rangkaian acara dibuat untuk mega proyeknya. Mulai dari lomba poster K3 yang diikuti oleh mahasiswa umum, melakukan orasi tentang K3 yang diikuti oleh masyarakat umum ,dan acara terbesarnya adalah seminar nasional K3.       
          Minggu,4 Maret 2018, OSH Forum melaksanakan salah satu rangkaian acaranya didalam memperingati Hari K3 yaitu melakukan orasi di car free day.

“Acara ini adalah pertama kalinya OSH forum mengadakan orasi di cfd, dan merupakan salah satu acara yang sasarannya adalah masyarakat umum” ujar Santi sebagai ketua pelaksana.        
          Acara ini yang dimulai pada pukul 06.00- 10.00 WIB dengan titik pusat bertempat didepan gedung kwartil daerah semarang. Adapun rangkaian acaranya yaitu pembukaan secara simbolis dengan melakukan senam yang diikuti oleh masyarakat umum. Kemudian untuk suatu komitmen berbudaya K3 dilakukan oleh OSH Forum dengan memberikan cap 3 jarinya pada sepotong kain yang telah disiapkan, kemudian dilanjutkan oleh masyarakat umum yang ikut serta berpartisipasi untuk mendukung acara tersebut. Setelah itu melanjutkan dengan melakukan orasi tentang budaya K3 ditempat kerja. OSH forum juga membagi-bagikan stiker dengan tema keselamatan didalam mengendarai kendaran.Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih mengenal tentang keselamatan didalam berkendara. (Nur Dina Nofita)

No comments