Ditemani Secangkir Kopi Dikala Hujan, 10 Lagu Ini Melengkapi Sendumu

Dikala hujan melanda, seringkali ingatan kenangan tentang dia menyeruak tanpa diminta. Lalu, kamu mulai merindukannya ditemani secangkir kopi sembari menatap rintik hujan yang jatuh di jendela. Namun, belum lengkap jika tanpa memutar 10 senandung lagu ini.

1. Efek Rumah Kaca - Desember 


Selalu ada yang bernyanyi dan berelegi Dibalik awan hitam Semoga ada yang menerangi sisi gelap ini, Menanti.. Seperti pelangi setia menunggu hujan reda

Hujan? Have nothing to do? Listen this song, close your eyes and let the words run through your mind. Band Efek Rumah Kaca sepertinya punya kesan mendalam tentang hujan. Begitupun makna dari lagu ini. Hujan memang tidak hanya turun dibulan Desember, namun bulan Desember memang bulan yang paling sering didatangi oleh sang hujan. 

Di sisi lain, lagu ini juga menceritakan kesedihan seseorang tentang cinta yang selama ini dia rasakan berakhir melukainya. Meskipun begitu, dia tetap yakin bahwa suatu saat nanti, akan datang cinta yang bisa memulihkan lukanya itu dan memilih untuk tetap bersamanya, seperti pelangi yang setia menunggu hujan reda.

2. Payung Teduh - Untuk Perempuan yang Sedang dalam Pelukan​


Lalu mataku merasa malu Semakin dalam ia malu kali ini Kadang juga ia takut Tatkala harus berpapasan ditengah pelariannya.

This song is really perfect for you guys who havent move on from your ex yet! Coba dengerin tiap liriknya, Payung Teduh memang dikenal sebagai band yang suka menyisipkan kiasan-kiasan pada lirik lagu-lagunya.

Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang berusaha melupakan mantan kekasihnya, dan merasa malu dan takut apabila bertemu dengannya ditengah usaha melupakannya. Dengan keadaan sang mantan kekasih sudah memiliki seorang kekasih baru. Secara tidak langsung lagu ini menjabarkan bahwa Sang lelaki mencemaskan apakah kenangan lalu dapat tercipta lagi, sedangkan sang perempuan mencemaskan hal yang sama ditambah pikirannya karena sudah memiliki pasangan baru. 

3. Barasuara – Sendu Melagu


Semua yang kau rindu 
Semua menjadi abu 
Langkah mu tak berkawan 
Kau telah sia siakan

Lagu ini adalah salah satu lagu yang paling banyak diminati oleh para penggemar lagu-lagu barasuara. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penonton yang kerap ikut menyanyikan lagu tersebut saat barasuara menampilkan lagu Sendu Melagu. Seperti kata vokalis sekaligus gitarist Bara Suara sendiri tak lain yaitu Iga Massardi yang menyatakan bahwa Sendu Melagu adalah lagu tentang cinta, kenangan, harapan dan penyesalan. Jangan menyiakan hal penting dalam hidup atau akan terjadi terjadi sebuah sesal yang mendalam. Idenya sendiri datang dari beragam cerita yang datang berhubungan dengan hal-hal yang umum terjadi pada siapapun.

4. Naif – Air & Api


Mengapa kita saling membenci Awalnya kita selalu memberi Apakah mungkin hati yg murni Sudah cukup berarti. Ataukah kita belum mencoba Memberi waktu pada logika Jangan seperti selama ini Hdup bagaikan air dan api

Naif merupakan band indie yang paling terkenal dari tahun 90an hingga sekarang. Coba dengerin salah satu lagu Naif yang berjudul Air & Api. Air dan api adalah dua unsur yang memang saling menafikan.Seperti lirik Apa mauku, apa maumu. Awal dari permasalahannya adalah kemauan. Lagu ini tidak hanya menceritakan tentang perdebatan atau keegoisan sepasang kekasih. Namun, juga sering dialami oleh sepasang sahabat, sepasang teman, dengan saudara atau bahkan orang-orang disekitar kita. Yap, tak bisa diungkiri bahwa Masing-masing dari kita pasti memiliki kemauan atau kepentingan. Terkadang kepentingan ini saling berlawanan yang melahirkan konflik. Sehingga terkadang yang kita perlukan untuk mencairkan suasana adalah mengalah. Mengalah bukan berarti kalah kan?

5. Mocca – I remember


Do you remember...? When we were dancing in the rain in that december
And I remember... When my father thought you were a burglar 
I remember... All the things that we shared, and the promise we made, just you and I, I remember... All the laughter we shared, all the wishes we made, upon the roof at dawn 

Yap lagu ini cocok buat kalian yang sedang merasakan jatuh cinta dan sedang kasmaran. Dibungkus dengan nada dan irama yang asyik dan membuat suasana hati menjadi lebih baik, Lagu ini menceritakan tentang perempuan yang sedang jatuh cinta dan terus menerus mengingat momen-momen kebersamaan bersama sang kekasih.

6. Float - Pulang


Jelajahi waktu ke tempat berteduh hati kala biru. Dan lalu… Sekitarku tak mungkin lagi kini Meringankan lara Bawa aku pulang, rindu segera

Lagu Pulang ini merupakan lagu paling diminati penggemar band Float. Mengapa? Karena lirik pada lagu ini sangat dekat pada kehidupan kita semua. Yap,  lagu ini menceritakan tentang betapa rindunya seseorang terhadap suasana rumah karena lelah pada keadaannya sekarang. Rumah dalam lirik lagu ini bukan hanya berarti bangunan tempat tinggal, namun lebih kepada perasaan kembali ke keluarga, seseorang yang penting dihidupnya, atau bahkan suasana masa lalu disaat semua masalah belum bermunculan. Lagu ini juga pas banget didengerin saat kamu lelah dan butuh istirahat.

7. Endah N Rhesa - When You Love Someone


When you love someone
Just be brave to say that you want him to be with you
When you hold your love
Don't ever let it go
Or you will lose your chance
To make your dreams come true

Kalian udah tau lagu ini kan? Pasti lah! Lagu When You Love Someone milik Endah n Rhesa ini memang sudah tidak asing di telinga kita, karena pasti kita semua pernah mengalami apa yang Endah dan Rhesa ceritakan di lagu ini. Yap, lagu ini memiliki pesan untuk kita semua bahwa mencintai seseorang yang tidak mencintai kita adalah hal yang wajar. Hanya saja bagaimana cara kita mengendalikan perasaan kita. Apakah kita akan memberitahu perasaan kita terhadapnya atau membiarkan perasaan tersebut tetap didalam hati kita dan kehilangan kesempatan untuk memilikinya?

8. Superman Is Dead – Kuat Kita Bersinar


Ayo bangun dunia di dalam perbedaan
Jika satu kita kuat kita bersinar
Harus percaya tak ada yang sempurna
Dan dunia kembali tertawa

Superman Is Dead terkenal dengan lagu-lagu yang menceritakan tentang kehidupan sosial manusia. Kalian tahu saat ini banyak sekali konflik-konflik terjadi akibat “perbedaan” di kehidupan sosial, kan? Lagu “Kuat Kita Bersinar” ini menyuarakan ajakan buat kita bareng-bareng membangun dunia dalam perbedaan. Jadi, AYO!! Ini waktunya kita saling berjabat tangan dan saling menghargai sebuah perbedaan!!

9. Rocket Rockers – Ingin Hilang Ingatan


Disini, kembali, 
kau hadirkan ingatan yang seharusnya ku lupakan
Dan ku hancurkan adanya

Guys, tau rasanya ditinggal orang yang kita sayangi? Apalagi ditinggalnya untuk cewek/cowok lain. Duh jangan sampe deh, pasti nyesek banget kan ya. Lagu ini berisi “curhatan” seseorang yang sakit hati karena ditinggal orang yang disayang dan berusaha untuk melupakan sampai ingin hilang ingatan. 

10. Payung Teduh – Menuju Senja


Harum mawar di taman..
Menusuk hingga ke dalam sukma.. 
Dan menjadi tumpuan rindu cinta bersama.. 
Di sore itu menuju senja..

Kalian tau kan lagu-lagu dari band Payung Teduh ini punya lirik layaknya sebuah puisi? Lagu “Menuju Senja” ini pun seperti musikalisasi dari sebuah puisi, lagu dengan lirik yang indah ini bercerita tentang seseorang yang sedang bernostalgia di taman dan teringat akan memori rasa rindu yang sudah lama dipendam. (Lelly Prakusya)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.