HANDASI: Hand Sanitizer Berbahan Trembesi

Sumber: Enggit dan Tim
   Di era globalisasi ini semuanya dituntut untuk serba praktis, cepat, dan menggunakan teknologi yang canggih. Seiring dengan bertambahnya kesibukan masyarakat, terutama di daerah perkotaan maka banyak orang yang menggunakan cairan pembersih tangan antiseptik (hand sanitizer) sebagai alternatif pengganti sabun. Namun, hand sanitizer yang dijual di pasaran banyak mengandung zat kimia berbahaya dan penggunaan alkohol hingga 80%. Penggunaan bahan kimia yang berbahaya dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit mudah terbakar matahari, dan reaksi hormon.
     Trembesi adalah salah satu pohon yang umum dijumpai di kawasan Undip dan Tembalang sehingga ketersediaan pohon trembesi sangat melimpah. Namun, selama ini pohon Trembesi hanya ditanam di pinggir jalan sebagai penangkal polusi udara dan setelah terlalu lebat pohon trembesi ditebang dan dibuang sia-sia. Berdasarkan hasil penelitian dari Bangalore University, ekstrak daun trembesi memiliki kandungan antimikroba terhadap Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Candida albican, dan Xanthomonas (Mohana, 2011). Daun trembesi (Albizia saman) mengandung senyawa metabolit sekunder yaitu tanin, flavonoid, saponin, steroid, terpenoid, dan glikosida kardiak (Naveen dkk, 2008). Oleh karena itu kami memiliki ide untuk memanfaatkan ekstrak daun trembesi sebagai bahan utama membuat hand sanitizer.  
    Produk HANDASI (Hand Sanitizer Ekstrak Daun Trembesi) dengan bahan dasar daun trembesi (Albizia saman) belum terdapat di pasaran, hal ini memunculkan peluang yang sangat potensial terkait usaha ini didukung dengan sistem OTDB (Online or Trial, Deal, Buy). Kehidupan kampus dan masyarakat yang cukup sibuk membuat dosen, mahasiswa, dan para pekerja seperti: penjual makanan keliling, juru partir, tukang bengkel, pedangang di pasar, dan lainnya memilih menggunakan produk yang simpel dan praktis. Kami memilih produk hand sanitizer karena melihat kebutuhan di lingkungan kampus dan para pekerja di sekitar Tembalang yang memerlukan alternatif alat mencuci tangan yang mudah dan praktis.
    Produk HANDASI (Hand sanitizer Ekstrak Daun Trembesi) adalah Produk Pembersih Tangan Alami Tanpa Alkohol dan Antimikroba. Produk HANDASI (Hand sanitizer Ekstrak Daun Trembesi) meminimalisir penggunaan bahan kimia berbahaya sehingga aman untuk digunakan. Produk HANDASI ini aman dipakai karena di dalamya mengandung bahan alami, tanpa penggunaan alkohol, mengandung lidah buaya untuk menjaga kelembaban kulit, mengandung vitamin E oil untuk menghaluskan dan menutrisi kulit, mengandung peppermint essensial oil atau lavender essensial oil sebagai penambah aroma HANDASI, dan ekstrak daun trembesi yang memiliki khasiat sebagai antimikroba.
   Produk HANDASI juga memiliki kemasan yang menarik dan praktis serta memiliki berbagai aroma, yaitu aroma strawberry dan lavender yang cocok digunakan untuk semua usia. Produk HANDASI diharapkan bisa memberikan manfaat besar bagi konsumen sebagai alternatif cara praktis mencuci tangan dengan hand sanitizer berbahan alami. (Enggit dan Tim)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.