Liburan Boring? Oh No, Tandanya Kamu Harus Coba Buat Ciseuh!


  Hari raya Idul Fitri identik dengan libur panjang, apalagi untuk mahasiswa atau yang sudah berada di jenjang universitas dimana biasanya libur bisa mencapai hampir 2 bulan. Mungkin banyak yang merasa senang dengan libur hampir 2 bulan ini, yang akan diisi dengan rencana-rencana liburan menyenangkan yang bisa membuat pikiran tenang. Tapi tidak dipungkiri pasti banyak pula yang bingung dan tidak tahu apa yang akan dilakukan selama liburan ini, dengan berbagai alasan seperti malas untuk keluar karena sedang irit mungkin, atau ingin keluar tetapi tidak ada teman, atau bahkan sudah mempunyai teman untuk keluar tetapi dibatalkan begitu saja karena suatu alasan, dan masih banyak alasan lain yang membuat orang merasa bingung dan tidak tahu apa yang akan dilakukan saat libur panjang ini.
Tetapi sebenarnya dengan berada di dalam rumah juga banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan dan memberikan suatu manfaat, salah satunya yaitu dengan memasak mencoba resep baru atau masakan baru bersama orang-orang di rumah. Mungkin ini terdengar spele, tetapi ini memberikan manfaat dan suatu kesenangan tersendiri bagi kita, apalagi bila resep masakan yang dibuat berhasil dan disukai oleh orang lain. 
Saya akan memberikan salah satu contoh resep yang dapat dipraktikkan di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan proses pembuatan yang mudah tentunya. Resep tersebut yaitu "Ciseuh” atau Cireng Baseuh. Mungkin untuk orang Jawa Barat sudah tidak asing dengan nama ini. Dimana aci atau cireng yang diberi kuah pedas yang nikmat. Cocok untuk orang yang memang menyukai makanan pedas dan gurih.
Bahan-bahan yang dibutuhkan sendiri, yaitu:
1. tepung sagu atau tapioka tentunya,
2. sedikit tepung terigu untuk membuat garing, 
3.bumbu bawang putih yang dihaluskan,
4. gula, 
5. garam,
6. sedikit potongan daun bawang. 
 Semua bahan diuleni dengan campuran air panas hingga kalis. Setelah itu digoreng dan ditiriskan. 
 Sedangkan bahan-bahan yang digunakan untuk kuahnya yaitu:
1. gula merah, 
2. cabai, 
3. bawang merah, 
4. garam, 
5. perasan jeruk nipis. 
    Bahan tadi dimasak dengan air hingga mendidih. Jika kuah sudah jadi, tinggal sajikan dengan cireng yang sudah dibuat dan “ciseuh” pun siap untuk dinikmati. 
  Bagaimana, mudah bukan untuk membuat “ciseuh” yang lezat? Jika teman-teman memiliki resep masakan lain yang enak dan mudah untuk dibuat, mungkin  bisa memberikan rekomendasinya dan bisa menjadi referensi untuk resep selanjutnya. (Santi Wulandari)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.