LOLIPOP UV, Siap Atasi Sinar UV dan Ramah Lingkungan

Photo: Dok. Pribadi
Global warming menjadikan lapisan ozon dibumi semakin menipis dan bahkan berlubang, sehingga mengakibatkan sinar UVA/UVB tidak dapat kembali ke atmosfer. Hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kulit. Dampak terparah dari paparan sinar UVA/UVB yang terlalu sering adalah terkena kanker kulit. Oleh karenanya, kulit membutuhkan suatu bahan yang berguna untuk menjaga dari paparan sinar UVA/UVB yang berasal dari sinar matahari.
Pisang adalah buah yang sering ditemui dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dibandingkan dengan buah lain. Selain buahnya yang memiliki manfaat dan kandungan gizi yang tinggi, kulitnya pun dapat dimanfaatkan. Kandungan gizi kulit pisang seperti senyawa fenolik, flavonoid dan tanin ternyata dapat berperan sebagai antioksidan dan tabir surya. 
Kulit manusia pada dasarnya sudah memiliki perlindungan alami sendiri dari pajanan sinar UV. Akan tetapi, bila paparan sinar UV melebihi kemampuan melanin untuk melindungi kulit, maka dapat mengakibatkan kerusakan kulit. Lotion merupakan kosmetik yang digunakan untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap kosmetik yang aman dan berbahan alami guna menangkal radikal bebas, maka tercetuslah inovasi formula skin lotion dengan bahan baku alami yaitu kulit buah pisang.
Inovasi formula skin lotion ini tercetus dalam LOLIPOP UV (Lotion Kulit Pisang Untuk Optimalkan Penangkal UV) yang digagas oleh Tim PKM-K Fakultas Kesehatan Masyarakat. Tim yang terdiri dari Miftah Farhana, Azum Ufairoh, Frida Kusumaningtyas, Suryati dan Ratu Aam Amaliyah yang dibimbing oleh Yudhi Darmawan, S.KM., M.Kes, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat. LOLIPOP UV merupakan inovasi formula skin lotion dengan bahan baku kulit pisang yang ramah lingkungan karena mampu mengurangi limbah kulit pisang yang ada disekitar lingkungan yang belum dimanfaatkan. LOLIPOP UV ini juga berguna untuk melembabkan kulit, menjaga kulit dari sinar UVA dan UVB, serta kandungan vitamin C yang terdapat pada kulit pisang juga mampu mencerahkan kulit. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, yaitu dengan Rp. 15.000 sudah bisa mendapatkan 1 botol LOLIPOP UV dengan ukuran 100 ml dengan beragam manfaat didalamnya. (Tim PKM-K FKM Undip)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.