Indahnya Berbagi Di Bulan Ramadhan

Photo: Gamais FKM Undip
(17/06) GAMAIS FKM Undip mengadakan program rutin di bulan Ramadhan yaitu Bulan Jumpa Duafa (BJD). Nama Sarah Ceriwis digunakan sebagai nama kegiatan bulan jumpa dhuafa. “Kami mengambil nama Sarah Ceriwis karena untuk menyemarakkan hadirnya bulan Ramadan. Selain itu, bersesuaian dengan tagline Gamais 2016, yaitu Gamais Ceria. Oleh karena itu, nama ini diharapkan dapat merepresentasikan Gamais dan juga program kerja yang diusung,” ujar Hani selaku ketua BJD. Sarah Ceriwis yang bertajuk Spread the happiness and hold each other ini dilaksanakan dengan mengunjungi anak-anak dhuafa untuk diberikan bantuan. Walaupun bantuan yang diberikan sederhana, diharapkan tetap dapat menunjukkan kepedulian terhadap sesama. Kegiatan ini dilaksanakan di panti asuhan Darul Khoir, Meteseh. Sekitar 20 anak panti beserta 4 pengurus hadir, didampingi oleh Pembina Gamais.
Rangkaian kegiatan dari acara bulan jumpa duafa ini dimulai dari sambutan pembina dan perkenalan panti, pemberian materi kesehatan, kajian yang diberikan oleh pengurus panti, buka puasa bersama dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan. Sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat, tidak lupa diselipkan sedikit materi tentang kesehatan. Pemberian materi kesehatan ini disampaikan oleh Fitri K.P, mahasiswi angkatan 2013 peminatan gizi yang menyampaikan pentingnya melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Dengan adanya pemberian materi kesehatan mengenai PHBS diharapkan dapat diterapkan pada anak panti di kehidupan sehari-harinya.
Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk berbagi kepada kaum dhuafa atau orang-orang yang membutuhkan uluran tangan dan menjalin silaturahmi antar sesama umat muslim. Hal ini dikarenakan sebagai orang muslim, kita diwajibkan untuk membantu sesama dan menyisihkan sebagian dari segala kebaikan Allah untuk orang-orang yang membutuhkan. Selain itu dengan adanya bulan jumpa dhuafa ini dapat membuat kita menjadi lebih bersyukur karena masih ada orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita dan ingin menjadi seperti kita. (Annisa Rachmawati)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.