Kepemimpinan Menuju Jurnalisme Positif

Photo : PH
Pelatihan Internal bagi pengurus LPM Publica Health kembali digelar. Pelatihan Internal yang ketiga kalinya ini bertempat di ruang B203 pada Rabu (01/04). PI yang berjudul “Memimpin Jurnalisme dengan Kepemimpinan Jurnalistik” ini disampaikan oleh Riyan Apriliatama, mantan ketua BEM FKM Undip Periode 2012/2013.
Menurut beliau, ada tiga tingkatan pada kepemimpinan jurnalisme yaitu kepemimpinan jurnalistik, manajemen organisasi, dan jurnalisme positif. Kepemimpinan jurnalistik merupakan hal yang menentukan proses-proses selanjutnya hingga lembaga jurnalisme dikatakan patut atau tidak menjadi jurnalisme positif. Kepemimpinan jurnalistik berhubungan dengan upaya untuk menemukan kebenaran fungsional berita. Kepemimpinan jurnalistik dan manajemen organisasi harus selaras serta saling melengkapi agar tercipta jurnalisme yang positif.
Ia membagi kepemimpinan menjadi tiga jenis yaitu otoritarian, partisipan (demokrasi), dan campuran. “Tidak ada yang salah atau yang paling benar dari ketiga jenis kepemimpinan tersebut. Jenis kepemimpinan apapun boleh diterapkan asal kebutuhan manajerial yang harus dihadapi dapat terpenuhi”, ungkap Riyan. Ia juga menambahkan bahwa pemimpin yang baik harus memiliki sifat peduli, partisipatif, dan etos.
Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pemberian plakat oleh Pimpinan Umum Publica Health. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, pengurus dapat menerapkan ilmu kepemimpinan tersebut dan dapat menjadi pemimpin yang baik untuk membuat berita yang faktual dan berimbang.(Riska)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.