Entrepeneur Muda dalam Mahawira

Photo : PH
Mahawira merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan BEM FKM Undip, acara ini bukan sekedar pelatihan namun acara kali ini mengusung konsep mentorship. Untuk tema Mahawira kali ini adalah “Youthpreneur” karena tujuan Mahawira sendiri yaitu untuk mendapatkan mahasiswa – mahasiswa muda yang ingin usaha dan nantinya mampu merealisasikannya. Untuk peserta Mahawira sendiri bukan hanya peserta yang lolos di Pewira sebelumnya, namun sifatnya umum dari lingkup FKM bahkan sampai dilingkar Undip.
Dua kali pertemuan dari empat kali pertemuan yang diagendakan dalam acara Mahawira telah dilaksanakan, yakni pada hari Sabtu dan Minggu 4 – 5 April 2015. Dalam dua kali pertemuan tersebut peserta diberikan materi yang berkaitan dengan kewirausahaan dan business plan, dua pematerinya pun dari orang – orang yang sudah expert dalam bidang kewirausahaan. Mereka adalah Zaenal Arifin seorang owner beberapa cafe di Semarang dan luar Semarang dan Nugroho owner Rumah Makan Selaras Tembalang, Semarang. Setelah pemberian materi, peserta diwajibkan dalam membuat business plan yang akan dipresentasikan di pertemuan mahawira berikutnya, yang nantinya akan dipilih satu business plan terbaik. Dalam acara ini juga dinilai keaktifan peserta, jadi setiap satu kali pertemuan akan dipilih beberapa peserta terbaik yang akan mendapat doorprize dari panitia.
Dalam dua kali pertemuan Mahawira, peserta diberikan motivasi, pengertian, dan penyampaian beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai berbisnis, serta dalam merencanakan sebuah businnes plan. Kelebihan lain dalam acara ini pesertapun diperbolehkan konsultasi tentang business plan yang sudah mereka buat langsung kepada pemateri. Peserta pun antusias dalam mengikuti acara ini. Menurut Bonita ketua pelaksana Mahawira dalam wawancara (5/4) mengatakan bahwa, semua peserta baik dari maupun luar FKM nampaknya memang mempunyai antusiasme tinggi dalam mengikuti kegiatan ini. selain itu diharapkan “Materi-materi yang sudah diberikan akan menjadi sebuah bekal untuk mengembangkan ide dan gagasan tentang wirausaha peserta, yang nantinya akan jadi peluang bagi mereka dalam membuat usaha, sehingga mereka akan mampu jadi pengusaha sukses”. Tambah Bonita. (Pina)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.