Masukkan iklan disini!

Luar Biasa! Mahasiswa KKN Tematik Undip Ciptakan Ethnobotany Book Sebagai Media Pengenalan Sayuran Untuk Anak Usia Sekolah Dasar

 


Foto Bersama Siswa Kelas 2, SDN 02 Rowosari
Sumber : Dokumen Pribadi

Tembalang (27/10/2022) - Pendidikan Sekolah Dasar memiliki peran dalam pengenalan sayur-mayur. Edukasi akan lebih mudah diterima apabila menggunakan metode yang tidak membosankan.

‘Fun Learning with Vegetables’ merupakan program edukasi pengenalan sayuran dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan. Kegiatan ini dilakukan bersama siswa kelas 2, di SDN 02 Rowosari, Tembalang.

Kegiatan diawali dengan pemberian materi secara singkat terkait sayur dan manfaatnya. Hal yang menarik, bahwa seluruh siswa mengatakan dengan kompak “suka sayur”. Salah satu alasan yang diungkapkan siswa bahwa orang tua sudah membiasakan sejak kecil untuk makan sayur.

Selanjutnya, untuk menunjang pembelajaran, media lain yang digunakan adalah ethnobotany book. Buku yang berisikan pengenalan singkat sayur - mayur dan lembar keterampilan yang dapat mengasah aspek psikomotorik siswa sekolah dasar.

Dengan diadakannya edukasi terkait sayur-mayur di sekolah dasar, Mahasiswa KKN Tematik Undip sudah mendukung tujuan SDGs poin ke-3 yaitu ‘Kehidupan Sehat dan Sejahtera’ dan SDGs poin ke-4 yaitu ‘Pendidikan Berkualitas’.

Setelah kegiatan edukasi, bermain bersama, dan pemberian keripik sayur, para siswa merasa senang karena dapat mengonsumsi jajanan sehat secara langsung. Adanya ajakan melalui edukasi pentingnya konsumsi sayur, diharapkan para siswa sekolah dasar dapat menjadi generasi muda yang gemar makan sayur karena menyadari pentingnya sayur bagi kesehatan. (Annisa Kumala Asih)

No comments