Masukkan iklan disini!

Jadilah Pahlawan Higienitas! Mahasiswa KKN Tematik Undip Ajak Masyarakat Rowosari Untuk Menjaga Keamanan Pangan Rumah Tangga

 


Sumber : Dokumen Pribadi

Tembalang (18/10/2022) - Keamanan pangan hingga saat ini masih menjadi isu yang berkembang di masyarakat. Dalam rangka mencegah terjadinya penyakit yang ditimbulkan oleh kontaminasi bakteri pada makanan, Mahasiswa KKN Tematik Undip ajak masyarakat Rowosari untuk menjaga keamanan pangan rumah tangga melalui pedoman “Five Key to Safer Food”.

Masyarakat diajak untuk mengkonsumsi pangan dengan menerapkan 5 Kunci Keamanan Pangan yaitu jagalah kebersihan, masak dengan benar, pisahkan pangan matang dari pangan mentah, jaga pangan pada suhu aman, dan gunakan air dan bahan baku yang aman.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua dan anggota PKK RW 04 Kelurahan Rowosari, Tembalang. Dengan diadakannya edukasi keamanan pangan, mahasiswa sudah mendukung tujuan SDGs poin ke-3 yaitu ‘Kehidupan Sehat dan Sejahtera’ dan SDGs poin ke-12 yaitu ‘Konsumsi dan Produksi yang Berkelanjutan’.

Dalam pelaksanaannya tidak hanya pemberian edukasi, namun disertai diskusi dua arah mengenai perilaku dalam menjaga keamanan pangan yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Masyarakat sangat antusias dalam menanggapi diskusi, dan dapat disimpulkan bahwa masyarakat Rowosari RW 04 sudah peduli terhadap keamanan pangan rumah tangga.

Dengan adanya edukasi pentingnya keamanan pangan, diharapkan masyarakat Rowosari dapat meningkatkan kualitas pangan dalam rumah tangga, sebagai upaya pencegahan terjadinya keracunan makanan serta membangun kebiasaan masyarakat untuk berperilaku bersih dan sehat. (Annisa Kumala Asih)

No comments