Masukkan iklan disini!

Kaderisasi Mandek? Pemira Undip, Lawan Kotak Kosong!

Sumber: Dokumen pribadi

Kamis (17/11), telah dilaksanakan verifikasi berkas Bakal Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Undip 2023 di Gazebo Student Center Undip. Berdasarkan pantauan tim LPM PH, acara baru dimulai pada pukul 09.20 WIB yang dihadiri oleh SM Undip, pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Undip 2023, serta beberapa mahasiswa Undip dari berbagai fakultas.

Peserta Pemira Undip tahun 2022 berjumlah sebanyak 52 dengan rincian, 51 Bakal Calon SM Undip, 1 pasangan Bakal Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Undip 2023, dan tidak ada yang mencalonkan diri sebagai Bakal Calon MWA Undip.

Ketua Panlih Pemira Undip 2022, M. Fatih Athar, sedikit menyayangkan karena hanya ada satu pasang yang mencalonkan diri sebagai Ketua dan Wakil Ketua BEM Undip 2023. “Perlu ditindaklanjuti terkait proses kaderisasi yang telah dilakukan, sehingga hanya memunculkan 1 pasang calon”, tuturnya. Fatih berharap seluruh elemen mahasiswa dapat ikut berpartisipasi dalam seluruh kegiatan Pemira Undip, meski hanya terdapat 1 pasang calon. Menanggapi kampanye dengan media sosial, buzzer, kotak kosong dan black campaign, Ketua Panlih Pemira Undip berharap agar Panwas dapat bertindak dengan cepat dan tegas.

Kegiatan inti dimulai dengan melakukan verifikasi berkas pasangan Bakal Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Undip 2023. Pada verifikasi KTM yang dilakukan oleh panitia, terdapat beberapa berkas KTM yang dinyatakan ‘tidak sah’ dikarenakan terdapat ketentuan swafoto dalam bukti KTM, yaitu KTM tidak menutupi wajah dan KTM harus terlihat jelas, tutur Verifikator 1 Amira Hanan. “Semoga semua warga kampus Undip dapat mengikuti dan ambil bagian dalam mensukseskan rangkaian acara dari Pemira Undip 2023”, tegasnya.

Untuk persyaratan KTM tetap terpenuhi, dengan jumlah minimal 300 KTM (minimal 25 KTM dari 12 fakultas dan sekolah). Jumlah KTM yang dinyatakan ‘sah’ oleh panitia adalah sekitar 400 KTM. Total KTM dari Mahasiswa FKM adalah sebanyak 32 KTM. Berdasarkan verifikasi berkas yang dilakukan panitia Pemira Undip 2023, pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Undip 2023 atas nama Hanif Al Fattah (FH’20) dan Azka Nadiya (FPP’20) serta tim suksesnya dinyatakan lolos verifikasi berkas dan memenuhi syarat. Setelah dilakukan pengambilan nomor urut, pasangan ini mendapatkan Nomor Urut 01.

Menurut Hanif, terdapat perbedaan antara pemira tahun ini dengan tahun sebelumnya, “Yang paling berbeda antara kampanye atau Pemira dengan tahun sebelumnya adalah hanya ada 1 paslon, nah 1 paslon ini merupakan tantangan tersendiri”. Entah apakah ke depannya ada kotak kosong yang dibumikan atau seperti apa. Menanggapi terkait isu keresahan mahasiswa Undip, “Pastinya kami akan menjawab semua keresahan dan keluh kesah dari teman-teman Undip saat masa kampanye ke semua fakultas” tutur Azka

Namun, besar harapan mereka kepada seluruh mahasiswa Undip agar dapat lebih aware dan berpartisipasi aktif terhadap kegiatan Pemira tahun ini. Panitia Pemira sendiri sudah membuat hal-hal yang menarik agar mahasiswa tertarik dengan Pemira Undip 2022, seperti mengshare info-info menarik melalui OA Instagram @pemiraundip untuk menjawab seluruh keresahan mahasiswa Undip. (Tim Pemira LPM PH’22)

No comments