Prevent Hypertension While You’re Young!

Sumber : Freepik


Hipertensi umumnya dialami orang lanjut usia. Namun faktanya, hampir setengah dari orang dewasa di atas usia 20 tahun mengalami tekanan darah tinggi. Hipertensi terkadang tidak menimbulkan gejala yang jelas, namun hal ini tak boleh diabaikan. Hipertensi biasa disebut dengan silent killer. Meskipun gejalanya tidak terasa, tetapi secara diam-diam dapat merusak tubuh dari waktu ke waktu dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan yang serius.

Adapun langkah-langkah untuk menjaga tekanan darah tetap normal, yaitu dengan beberapa cara berikut ini;
1. Mempertahankan berat badan yang sehat
    Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko hipertensi. Untuk melihat berat badan ideal dengan menggunakan indeks masa tubuh atau IMT dengan rumus BB/TB2
                                       
Sumber : Direktorat P2PTM Kemenkes

2. Mengkonsumsi kadar garam yang rendah
    Asupan garam per hari yakni dibawah 1.500 mg

3. Pebanyak minum air putih
    Perbanyak minum air putih, hindari minuman beralkohol dan berkafein.

4. Banyak berolahraga
  Berolahraga setidaknya 90 menit setiap minggu. Aktivitas fisik yang teratur dapat memperkuat jantung sehingga mampu memompa lebih banyak darah dengan sedikit usaha.

5. Pola makan yang sehat
    Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian serta hindari makanan tinggi lemak. Makanan tinggi lemak dapat menyumbat pembuluh darah dan mempercepat kerja jantung. Akhirnya kerja jantung akan semakin berat dan meningkatkan tekanan darah.

6. Berhenti merokok
  Zat kimiawi dalam rokok dapat memicu kerja kerja jantung menjadi lebih cepat sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang mana ini menjadi tanda awal hipertensi

Selain mengambil langkah sekarang untuk mengurangi faktor risiko, penting untuk berdiskusi dengan dokter jika tekanan darah tinggi secara konsisten. Jaga kesehatanmu, untuk masa depan yang cerah! (Yuninda Fairuz Syifa)

No comments