Tingkatkan Pendampingan Masalah Personal Hygiene, Mahasiswa Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka Undip Menjadi Fasilitator Pelatihan Cara Memandikan Pasien di Tempat Tidur bagi Pengasuh Anak Disabilitas di Yayasan Sayap Ibu Banten

 

Sumber : dokumen pribadi

       Tangerang Selatan, Banten (11/12) – Menjaga kebersihan diri atau personal hygiene salah satunya dapat dilakukan dengan mandi dimana kegiatan ini merupakan cara untuk membersihkan tubuh secara keseluruhan serta dapat memperlancar peredaran darah. Kegiatan mandi terdengar mudah bagi orang tanpa disabilitas fisik berupa gangguan motorik dan kesulitan mobilitas, akan tetapi bagi anak penyandang disabilitas yang mengalami gangguan motorik/kesulitan mobilitas kegiatan mandi ini sulit untuk dilakukan secara mandiri.

         Pendampingan dalam memandikan anak penyandang disabilitas memiliki langkah-langkah yang harus diperhatikan agar dalam memandikannya didapat manfaat yang optimal yaitu tubuh yang bersih, segar dan melancarkan peredaran darah. 

         Namun sangat disayangkan bahwa pendamping yang terkadang terburu-buru dalam memandikan anak menjadi lupa dalam melaksanakan berbagai tahapan memandikan terutama tahap pra-memandikan seperti mengecek suhu air yang akan digunakan untuk memandikan anak dimana suhu air bisa saja masih terlalu panas untuk digunakan dan mengakibatkan luka bakar pada kulit akibat terkena air panas.   

       Lupa atau tidak mengecek suhu air sebelum digunakan sempat terjadi di Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten sehingga menyebabkan luka bakar derajat 2 pada anak. Belajar dari kejadian tersebut maka dilakukan pelatihan memandikan pasien di tempat tidur bagi para pendamping anak panti di Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten. 

         Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh tim penyuluh (fasilitator) dan dilanjutkan dengan pemberian materi beserta demonstrasi tata cara memandikan pasien. Dilanjutkan dengan praktik oleh perwakilan peserta disertai sesi tanya jawab terkait materi di akhir praktik kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.



Sumber : dokumen pribadi

Sumber : dokumen pribadi

Diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini para pengasuh anak disabilitas di Yayasan Sayap Ibu Banten dapat mengerti dan menerapkan dalam praktik kesehariannya mengenai cara memandikan pasien melalui langkah-langkah yang sudah didemonstrasikan(Nufika Fatasyadhuha)

No comments