Rekam Jejak yang Baik Membawa Bambang-Dhony Menjadi Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN



Sumber : merdeka.com


Presiden Jokowi resmi melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beserta wakilnya Dhony Rahajoe pada Kamis, 10 Maret 2022. Pelantikan ini ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Setelah resmi dilantik mereka, memegang masa jabatan selama lima tahun. Pelantikan ini dilakukan sebagai bagian dari dipindahkannya Ibu Kota Negara. Hal ini dilakukan setelah pemerintah dan DPR menyepakati Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.


Bambang dipilih menjadi Kepala Otorita IKN karena memiliki background yang kuat, mulai dari ahli tata kota dan transportasi, lulusan S2 di Universitas of California prodi tata kota dan teknik transportasi. Selain itu, ia juga pernah menjadi Wakil Menteri Perhubungan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bambang juga dipercaya menjabat Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010. Sementara itu, Wakil Kepala Otorita IKN yaitu Dhony Rahajoe tak kalah berkompeten dari Bambang. Dhony merupakan Managing Director of President Office of Sinar Mas Land. Ia pernah terlibat dalam proses perumusan pemindahan ibu kota dan menjadi perwakilan dari Sinarmas Land untuk mendampingi perwakilan pemerintah guna studi banding mempersiapkan pembangunan ibu kota negara.


Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 yang membahas mengenai Ibu Kota Negara (UU IKN) menjelaskan bahwa kedudukan Bambang dan Dhony sebagai Kepala Otoriter dan Wakil Kepala Otoriter IKN dinilai setara dengan menteri. Mereka akan memimpin sebuah pemerintahan daerah namun tanpa pengawasan dari DPRD. Selain itu, dalam UU Nomor 3 Tahun 2022 juga menjelaskan bahwa Bambang bertanggung jawab dan berhak melaksanakan kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN. Untuk detail tugas dari Bambang-Dhony akan diatur dalam Peraturan Presiden, namun peraturan tersebut belum juga dikeluarkan oleh Presiden Jokowi.


Ketua DPR RI, Puan Maharani, turut mengapresiasi atas terpilihnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala Otorita dan Wakil Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Puan mengatakan bahwa keduanya memiliki rekam jejak yang baik dan ia berharap agar keduanya bisa bekerja cepat untuk mewujudkan IKN sebagai kota masa depan. Akan tetapi, jangan sampai pembangunannya merugikan rakyat setempat. Oleh karena itu, Puan memastikan bahwa pembangunan harus dilakukan dengan adil dan melindungi warga lokal serta ramah lingkungan. Puan meminta agar Bambang dan Dhony terus berkomunikasi dengan DPR RI untuk setiap perkembangan pembangunan IKN Nusantara. Ia pun mengatakan bahwa, DPR RI menantikan kerja sama dengan Otorita IKN. Dikutip dari investor.id “sebagai representasi rakyat, DPR mempunyai kewajiban untuk mengetahui setiap detail pembangunan IKN agar dapat ikut mensosialisasikan perkembangan IKN kepada masyarakat sekaligus sebagai bentuk pengawasan” kata Puan dalam keterangannya, Jumat (11/3/2022). (PSDM PH'22)



Sumber :

https://microsite.suara.com/dpr/2022/03/11/152858/puan-harap-bambang-dhony-bangun-ikn-dengan-cepat-dan-berkeadilan

https://investor.id/national/286290/ketua-dpr-harapkan-bambangdhony-bangun-ikn-cepat-dan-berkeadilan

https://republika.co.id/berita/r8ksfq380/puan-berharap-bambang-dhony-bangun-ikn-dengan-cepat-dan-berkeadilan

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1456541-ikn-nusantara-dipimpin-bambang-susantono-dhony-rahajoe-selama-5-tahun

https://www.merdeka.com/peristiwa/tugas-dan-wewenang-besar-bambang-donny-pimpin-ikn-nusantara.html

https://www.tribunnews.com/nasional/2022/03/10/bambang-susantono-dan-donny-rahajoe-resmi-dilantik-jokowi-jadi-kepala-dan-wakil-kepala-otorita-ikn?page=3

No comments