Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

KEINDAHAN ALAM DANAU LINTING

(Sumber : Dokumen pribadi)

Salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Sumatera Utara ini terletak di Kabupaten Deli Serdang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Desa Tiga Juhar. Untuk menuju tempat ini kita harus menempuh jarak sekitar 50km dari pusat kota medan yang memakan waktu kurang lebih selama 2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Prasarana menuju danau linting ini sudah mulai dibenahi oleh pemerintah provinsi Sumatera tara.

Danau Linting ini adalah danau yang airnya memiliki kandungan belerang, masyarakat meyakini kalau danau ini dulu terbentuk karena letusan gunung merapi yang sangat hebat, oleh karena itulah danau ini memiliki air panas yang mengandung belerang.

Air belerang ini sangat bagus untuk kulit dan badan akan terasa enak bila mandi di air belerang ini. Ditambah lagi setelah kita mandi kita bisa menyantap berbagai makanan yang disediakan pihak pengelola danau ini.

Untuk biaya masuk danau ini sendiri berkisar Rp.5.000-Rp.10.000/kepala (sudah termasuk biaya parkir dan uang kebersihan/kamar mandi) dan menurut hasil survey yang kami lakukan untuk harga makanan rata-rata diatas Rp.10.000 dan minuman rata-rata Rp.5.000.

Danau ini ternyata masih menyimpan berbagai misteri, seperti kedalaman danau itu sendiri. Sampai saat ini danau ini belum terukur secara resmi oleh lembaga terkait apapun. Dan juga  Goa Tao Delapan Putri yang konon katanya menyimpan banyak emas di dalam goa tersebut. Dan untuk masuk kedalam goa ini juga dikenakan biayara sekitar Rp.10.000/kepala.

Fasilitas danau ini sendiri sudah cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, tempat ibadah, kantin, banyak juga spot foto yang menarik dan langka di tempat ini, hal ini sangat bagus untuk kamu yang cukup interest dengan dunia photografi ataupun kamu yang hanya sekedar ingin mengupload ke akun instagram mu dan tenang bila kamu hanya masuk kedanau ini untuk berswafoto tanpa menikmati santapan ataupun mandi untuk berendam, itu tidak akan menjadi masalah yang cukup besar. 

Pada tahun 2019 lalu sudah dibuat pula kolam renang yang airnya langsung dari air danau linting. Dikarenakan masyarakat dan pengunjung mulai resah karna banyaknya orang yang tenggelam di danau linting ini, maka dari itu kami juga menyarankan kamu untuk tidak berenang di danau ini, lebih baik berenang di kolam yang disebut “tamsar”, dengan hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp.2000-Rp.5000/kepala kamu sudah bisa menikmati air panas danau linting tanpa harus masuk ke danau lintingnya, karna “tamsar” ini terletak sebelum danau linting. 

Selain itu bila kamu berkunjung ke danau linting kamu tidak hanya disajikan satu objek wisata, tapi masih ada beberapa objek wisata lainnya seperti, titi kabel, air terjun pelangi, air terjung tarunggang, lau lutih, lau singkam, wisata jurung, dan wisata alam pohon damai. Kamu pastinya penasaran bukan? Tenang semua informasi tentang tempat wisata tersebut bisa kamu lihat ulasannya di google kok. (Ruli Bremanta Ginting)

No comments