Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

Pengelolaan Sampah Menerapkan Zero Waste dengan Pembuatan Pupuk Organik Cair


Pekalongan, 9 Februari 2019 – Permasalahan sampah sudah menjadi persoalan serius di dunia. Produksi sampah yang terus menerus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, perubahan pola konsumsi dangaya hidup masyarakat yang telah meningkatkan jumlah timbulan sampah, jenis dan keberagaman karakteristik sampah. Oleh karena itu perlunya pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Desa Sumurjomblangbogo untuk mengurangi dampak buruk dari permasalahan sampah tersebut. Dalam pengelolaan tersebut juga diperlukan pengolahan sampah organik dan anorganik.

Seorang mahasiswi Undip dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Rafika Salma Rusydina. memberikan pelatihan mengenai pengelolaan sampah bagi masyarakat Desa Sumurjomblangbogo pada hari Sabtu, 9 Februari 2019 pukul 16.00 WIB. Cara pengelolaan sampah yang dimaksud pada pelatihan tersebut adalah dengan menerapkan prinsip 3R yaitu meliputi kegiatan pengurangan timbulan sampah (reduce), pemanfaatan kembali sampah (reuse) dan pendauran ulang sampah (recycle). Penanganan permasalahan sampah yang kurang tepat dapat mengancam aspek keindahan kota dan pencemaran lingkungan serta masalah kesehatan. Implementasi dari prinsip 3R salah satunya adalah dengan mengolah sampah untuk dijadikan bahan yang lebih bermanfaat seperti pupuk cair.


Sedangkan untuk pelatihan mengenai pembuatan pupuk organik cair (POC) disampaikan oleh Dila Firizqina dari jurusan Teknik Kimia. Pelatihan Pupuk organik cair merupakan larutan dari pembusukan bahan-bahan organik yang berasal dari sisa tanaman ataupun sisa-sisa makanan yang bisa busuk. Dibandingkan dengan pupuk cair anorganik, pupuk organik tidak merusak tanah dan tanaman walaupun digunakan sesering mungkin. Selain itu, dengan menggunakan pupuk organik cair dapat mengatasi masalah lingkungan dan membantu menjawab mahalnya harga pupuk anorganik saat ini. Diakhir pelatihan, Dosen pembimbing lapangan Tim KKN 1 Undip yeitu Nikie Astorina turut memberikan pelatihan mengenai upaya 5R dalam perwujudan konsep zero waste skala rumah tangga. Diharapkan dengan adanya pelatihan mengenai ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Sumurjomblangbogo mengenai sampah serta mampu melakukan pengelolaan mulai dari pemilahan hingga pengolahan sampah organic dan anorganik. (Tim 1 KKN Undip 2019 Desa Sumurjomblangbogo)

No comments