Header Ads

ad

Mahasiswa KKN Mengajak Warga Desa Pendem Mengenal Pentingnya ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal) Pada Makanan


Sumber : Dokumen Pribadi

Pada Jum’at, 25 Januari 2019 dibantu ibu Lurah Desa Pendem, Ngaringan, Grobogan. Mahasiswa UNDIP mengajak ibu ibu PKK di Desa Pendem untuk lebih mengenal tentang berbagai jenis makanan dan memahami pentingnya ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) sebagai asupan bagi keluarga. Materi tersebut disampaikan langsung oleh Mahasiswa UNDIP yaitu Dhimas Yuda Amrullah dari jurusan Teknologi Pangan FPP.

Dhimas memaparkan bahwa “Makanan ASUH memiliki definisi bahwa makanan tersebut harus bebas dari kontaminasi berbahaya, mempunyai nilai gizi yang tinggi, tidak tercampur bahan lain, dan diolah berdasarkan syariat Islam sehingga halal untuk dikonsumsi. Konsep makanan ASUH biasanya diterapkan untuk memilih bahan baku hewani yang berupa daging segar. Dalam proses penerapannya, tidak hanya bahan baku yang harus diperhatikan, namun proses pengolahan bahan tersebut juga menjadi poin penting. Hal ini dikarenakan selama proses pengolahan nilai gizi bahan dapat berubah sehingga mempengaruhi nilai kesehatannya.”

Sumber : Dokumen Pribadi

Target dari pemaparan ini adalah Ibu – ibu dimana mayoritas merupakan ibu rumah tangga dengan kegiatan sehari hari memasak dan berbelanja di Pasar. Adapun pada kegiatan ini Dhimas Yuda dibantu oleh teman teman lainnya melakukan demo memasak Sosis Telur serta mengajarkan bagaimana cara memasak Sosil Telur yang aman dan higenis. Sosis dan Telur dipilih sebagai contoh makanan ASUH karena Telur memiliki kandungan protein hewani yang tinggi dan mudah untuk didapatkan di Pasar Tradisional. Selain itu sosis juga merupakan makanan favorit anak – anak dengan rasa yang tidak hanya lezat namun juga memiliki gizi yang terjamin. (Mahasiswa KKN Undip Desa Pendem, Grobogan)

No comments