Header Ads

ad

Sehatkan dan Cerdaskan Ibu Hamil dengan “GEMILANG”

sumber: tim PBL Kramas
Sabtu, 11 November 2017 Kantor kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang Kota Semarang atau yang biasa disebut “Gedung Kuning” tampak berbeda dari biasanya. Terlihat ibu hamil, kader posyandu dan Ibu-ibu FKK (Forum Kesehatan Kelurahan) duduk rapi dan fokus mendengarkan materi. Kegiatan intervensi (program) telah dilaksanakan oleh mahasiswa tim PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) “Peran Gizi dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan” Kelurahan Kramas yang diselengarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (FKM Undip). Kegiatan ini bertajuk “GEMILANG” yang merupakan singkatan dari Gerakan Ibu Hamil Sehat dan Cemerlang. “GEMILANG” dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka dengan sambutan Ibu Sri Indarsih selaku perwakilan dari Kelurahan Kramas. Sesuai dengan kepanjangannya, kegiatan “GEMILANG” bertujuan untuk penyehatan dan pencerdasan pada ibu hamil yang merupakan salah satu prioritas dalam upaya perbaikan gizi pada seluruh siklus kehidupan sejak dalam kandungan hingga lanjut usia.
Adanya acara “GEMILANG” didasari oleh temuan tim PBL Kelurahan Kramas FKM Undip mengenai masalah kesehatan ibu dan anak serta gizi ibu hamil. Pada temuan tersebut ibu hamil ternyata belum banyak mengetahui tentang pemeriksaaan kehamilan terutama 10 T dan juga tentang Anemia gizi besi pada ibu hamil. “GEMILANG” berisi beberapa rangkaian acara salah satunya yaitu sosialiasi dari Bidan setempat Bu Ermina Prihandayaningsih Amd. Keb., S.Psi mengenai pemeriksaan kehamilan tentang 10 T dan pentingnya pencegahan Anemia Gizi Besi pada ibu Hamil. Ibu hamil, kader serta FKK tampak fokus dan antusias selama jalannya sosialisasi. Terbukti dengan adanya beberapa pertanyaan dari mereka. Salah satu pertanyaan yang menjadi sorotan yaitu mengnai hubungan antara konsumsi tablet tambah darah dengan hipertensi. Berdasarkan jawaban dari bidan Ermina, kedua hal tersebut tidak berhubungan, karena tablet Fe hubungannya dengan haemoglobin (Hb) bukan tekanan darah.
Acara inti selanjutnya adalah demo memasak makanan yang kaya akan zat besi. Menu yang dimasak adalah Siomay Ayam Udang dimana menu ini mengandung protein 19,4 gram, Fe (zat besi) 1,7 mg, vitamin A 37,5 𝞵g dan vitamin C sebanyak 2,8 mg dimana vitamin C merupakan zat yang dapat membantu penyerapan Fe. Demo memasak juga diikuti langsung oleh beberapa ibu hamil, kader serta FKK yang hadir. Mereka tampak tertarik dan antusias saat pelaksanaan demo memasak. Hasilnya pun juga sangat memuaskan. Di sela-sela demo memasak juga terdapat pembagian doorprize yang menambah kemeriahan acara ini.
Selain sosialisasi dan demo memasak “GEMILANG” juga diisi dengan pembagian Kalender Pemeriksaan Kehamilan, Buku Saku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Buku Saku “MAMAMIA (Mama Anti Anemia). Buku Saku KIA dibagikan kepada kader dan FKK, sedangkan Kalender Pemeriksaan Kehamilan dan Buku Saku “MAMAMIA (Mama Anti Anemia) dibagikan kepada ibu hamil, kader serta FKK. Pembagian buku saku kepada kader kelurahan dan FKK bertujuan untuk menjamin keberlanjutan program pencegahan masalah KIA dan Anemia pada ibu Hamil. Sehingga kedepannya kader dan FKK dapat menyalurkan informasi dan pengetahuan yang ada pada buku saku kepada ibu hamil selanjutnya. Karena puncak dari level pencegahan adalah Pemberdayaan Masyarakat.  Acara “GEMILANG” selesai pukul 13.00 dan ditutup dengan foto bersama Tim PBL selaku penyelenggara, ibu hamil, kader serta FKK. Semoga, kesehatan ibu dan anak semakin meningkat serta masyarakat khususnya ibu hamil sadar akan pentingnya upaya preventif dan mampu meningkatkan kesehatannya secara mandiri. (Tim PBL Kelurahan Kramas FKM Undip 2017)

No comments