Header Ads

ad

Kelurahan Ngesrep Me-Replikazi KIA dan Gizi Ibu Hamil

sumber: Tim PBL Ngesrep
Selasa, (14/11) Balai Kelurahan Ngesrep, Kecamatan Tembalang Kota Semarang tampak lebih ramai dari biasanya. Satu persatu para ibu mulai mendatangi balai tersebut dan melakukan registrasi serta mengisi tempat duduk yang masih kosong. Diketahui ternyata di balai tersebut tengah diadakan acara yang diselenggarakan oleh tim PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.
REPLIKAZI (Ngesrep Peduli KIA dan Gizi) adalah tema dari acara ini yang merupakan program intervensi. Dilaksanakannya acara “REPLIKAZI” ini didasarkan pada hasil analisis tim PBL yang dilakukan selama kurang lebih dua minggu dan menghasilkan temuan masalah berupa kurangnya dukungan keluarga terhadap pemeriksaan ibu hamil, dimana seperti yang kita tahu bahwa kehamilan bukan hanya milik seorang ibu tapi juga keluarga yang harus turut berperan dalam merawat kehamilan. Dan masalah yang kedua adalah kurangnya pengetahuan ibu hamil terkait KEK (Kurang energi Kronik), dimana kondisi KEK memiliki beberapa dampak buruk terhadap kehamilan dan janin seperti persalinan premature dan BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah).
Acara dengan jargon “Keluarga sigap, gizi tepat, bayi sehat” ini  dihadiri oleh Kepala Puskesmas Ngesrep, Penanggungjawab program KIA Puskesmas Ngesrep, Kepala Kelurahan Ngesrep, ketua FKK serta Gasurkes KIA Dinas Kesehatan Kota Semarang. Sedangkan peserta dalam acara ini terdiri dari  kader posyandu, ibu-ibu PKK, dan ibu hamil yang mewakili setiap RW di Kelurahan Ngesrep.
REPLIKAZI (Ngesrep Peduli KIA dan Gizi) terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan diantaranya adalah Penyuluhan mengenai pemeriksaan kehamilan dan KEK pada ibu hamil yang disampaikan oleh Ibu dr. Fathimah M.Kes selaku Wakil Dekan II FKM Undip sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan. Para peserta terlihat antusias menyimak materi yang disampaikan.
Kegiatan selanjutnya adalah Sosialisasi kalender dan leaflet LEGASI yang langsung disampaikan oleh mahasiswa dari tim PBL. Sosialisasi dilakukan dengan menjelaskan bagaimana penggunaan kalender tersebut sebagai reminder pemeriksaan kehamilan dan kegunaan leaflet yang berisi materi pentingya dukungan keluarga terhadap pemeriksaan kehamilan. Tidak hanya sosialisasi tetapi kalender dan leaflet tersebut juga diberikan kepada setiap peserta yang hadir.
Pemberian Buku Panduan Pencegahan KEK bersama Ibu Kader (PANCAKE BUNDER) juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan acara ini. Pemberian buku tersebut dilakukan oleh mahasiswa dari tim PBL dan diterima oleh perwakilan kader dari setiap RW yang ada di Kelurahan Ngesrep. Buku tersebut berisikan materi tentang KEK, kebutuhan gizi ibu hamil serta beberapa resep menu makanan untuk mencegah KEK. Sehingga, diharapkan para kader dapat menyalurkan informasi serta pengetahuan yang didapat tentang KEK kepada ibu hamil maupun pasangan usia subur yang ada dilingkungannya.
Tidak hanya itu, salah satu menu makanan pilihan dalam buku PANCAKE BUNDER pun langsung dibuat dalam acara ini yaitu dalam kegiatan “Demo masak menu sehat dan bergizi” yang diperagakan oleh tim PBL. Menu makanan pilihan tersebut adalah “Lumpia Tahu”, makanan ini mudah dibuat dengan harga terjangkau dan memiliki kandungan gizi karbohidrat serta protein yang baik untuk mencegah KEK. Demo masak ini juga mengikutsertakan beberapa ibu kader dalam pembuatannya dan diakhir kegiatan setiap peserta bisa mencicipi “Lumpia Tahu” yang telah dibuat.
Begitu antusiasnya para peserta, tidak terasa bahwa acara REPLIKAZI sudah selesai dan berakhir pada pukul 11.30. Acara ini ditutup dengan pemberian kesan pesan oleh peserta terhadap keberlangsungan acara serta dilakukan foto bersama.
“Saya terimakasih sama mba-mba dan mas-mas mahasiswa ini yang udah ngasih ilmu ke ibu-ibu, ngasih makan, dan gratis gak bayar, padahal biasanya kalo pelatihan itu bayar tapi ini malah kami yang disangoni” ucap Kosasih selaku kader RW 3 kelurahan Ngesrep, sebagai ucapan kesan dan menutup acara pada hari itu.
REPLIKAZI-“Keluarga sigap, gizi tepat, bayi sehat” (Tim PBl Ngesrep)

No comments