Header Ads

ad

Jadi Citizen Jurnalism Cerdas Bersama MJF 2017

sumber: LPM PH
Sabtu (11/11) Lembaga Pers Mahasiswa Momentum mengadakan acara bertajuk Momentum Jurnalistic Fair. Tema yang diangkat dalam acara MJF adalah CITIZEN JOURNALISM: Sebagai Media Informasi Modern “Menyingkap yang Belum Terungkap”. Seminar ini diadakan di gedung Litigasi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Momentum mengundang tiga pembicara yang namanya sudah sering wara-wiri di televisi, yaitu Dhyanara Paramita seorang freelance journalist dan News Anchor Semarang, Gustav Aulia seorang News Anchor dan CEO dan Founder Aulia Private Presenting Course, dan Micheal Tjandra seorang News Anchor dan Manager News Production RTV. Tidak hanya seminar, Momentum juga mengadakan beberapa lomba, seperti lomba poster, artikel, dan fotografi yang diumumkan melalui official account LPM Momentum dan pemberian hadiah saat acara berlangsung. Masing-masing lomba diambil 5 orang terbaik.
Momentum Journalist Fair 2017 banyak memberikan informasi serta edukasi mengenai bagaimana menjadi citizen journalism yang cerdas, karena menjadi seorang citizen journalism harus tetap memperhatikan kode etik kejurnalisan.

Dhyanara Paramita sebagai pembicara pertama menyampaikan dasar serta pengalamannya sebagai jurnalisme warga atau citizen journalism. Baik Gustav maupun Micheal yang sudah memiliki pegalaman di dunia jurnalistik mengatakan bahwa seorang citizen journalism harus tetap memberikan informasi yang jelas dan informatif dengan mencari sumber datanya terlebih dahulu. Gustav menambahkan maraknya citizen journalism yang tidak berdasarkan data dan fakta akan menambah berita hoax dan opini subjektif yang dibuat banyak orang. “Harus jelas sesuai data yang dicari, sehingga jika disebarkan akan memberikan informasi yang sesuai dan tidak subjektif.” ujar Gustav. “Serta bertanggung jawab kepada media,” tambah Micheal Tjandra. MJF pun ditutup dengan foto bersama dengan Michel Tjandra. (Aulia Firda)

No comments