Header Ads

ad

HKN 2017, Si Penghilang Stress

sumber: LPM PH
Minggu, (12/11) merupakan Hari Kesehatan Nasional, untuk memperingati hari tersebut BEM FKM UNDIP selalu mengadakan acara seminar disetiap tahunnya. Tetapi,a da yang berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini BEM FKM UNDIP mengadakan Traning atau pelatihan yang dimana mengangkat tema “Me vs Stress” bertempat di Gedung Dharma Wanita. Tema tersebut dipilih berdasarkan hasil survey yang banyak dialami oleh masyarakat, terutama dikalangan mahasiswa yang sering mengalami stress dan bahkan hampir tidak bergairah dalam menjalankan aktivitasnya. Banyaknya tugas, aktivitas organisasi, dan yang lebih parah lagi beban pikiran akibat uang bulanan yang seringkali terlambat dikirim.
Acara HKN 2017 banyak memberikan informasi dan pembelajaran bagaimana sebagai mahasiswa mampu meminimalisir kondisi stress tersebut.Sasaran dari acara HKN 2017 tentunya kalangan mahasiswa yang memang sering mengalami masalah yang sesuai dengan tema tersebut, yakni Stress.
Tokoh-tokoh inspiratif sengaja didatangkan oleh panitia HKN, antara lain Dr. Gamal Albinsaid yang merupakan CEO Indonesia Medika. Penghargaan di kancah Internasional telah disabet, seperti penghargaan Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards dari Pangeran Charles di Istana Buckinghamn, London. Selain itu, ia juga mendapat undangan dari Presiden Vladimir Putin untuk diskusi terkait inovasinya di asuransi klinik sampah. Dr. Gamal memberikan beberapa tips untuk mengatasi stress, yaitu mengenali diri sendiri, menempatkan diri sesuai dengan kondisi yang ada, bisa dengan memutar musik sesuai dengan selera atau yang tidak membuat stress, seperti musik klasik atau akustik.
Setelah itu ada Dr. Hastaning Sakti, Dekan Psikologi Universitas Diponegoro merupakan pakar ilmu psikologi transpersonal merupakan ilmu yang menghubungkan psikologi dengan spiritualitas. Serta ada Freddy Setya merupakan CEO Aktiva Center, Transformational Coach, dan Passionate Educator. Freddy akrab dikenal sebagai The Mindset Activator karena ahli dalam merubah mindset pendengar. Freddy memberikan pelatihan mengatasi stress kepada peserta. Sebagai bintang tamu, dihadirkan Mamat Alkatiri yang merupakan seorang Standup Comedian selain menghibur juga menjadi penghilang rasa stress panitia dan peserta yang notabene adalah mahasiswa.
Acara HKN dimeriahkan oleh Teater Dipo dan Studio 8 FKM Undip, ditambah pemberian doorprize, voucher dan buku untuk para peserta. (Risma Apriliana)

No comments