Semarak Donasi untuk Kanker Anak

sumber : peminatan epid-trop
         Dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia 15 Febuari 2017 lalu, peminatan Epidemiologi dan Penyakit Tropik FKM Undip menggelar acara bernama Semarak (Semarang Peduli Kanker Anak) Minggu (19/02) bertempat di Simpang Lima. Acara yang mengusung tema Epid Go Public tersebut masih termasuk dalam rangkaian acara penerimaan calon Epiders 2017.
         Sebelumnya juga telah dilaksanakan Soft Campaign, yakni berupa open donasi menggunakan media sosial yang disalurkan melalui rekening. Hasil donasi yang berhasil dikumpulkan kurang lebih sejumlah 27 juta. Bekerja sama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), calon Epiders juga turut berpartisipasi dalam aksi Berani Gundul yang diikuti oleh puluhan relawan yang berlangsung selama tiga hari di Paragon minggu lalu.
         Melalui persiapan yang cukup lama sekitar tiga bulan, acara Semarak semakin meriah tatkala dibuka dengan Cancer Dance dan dilanjutkan dengan longmarch yang dimulai dari depan Gubernuran. Aksi longmarch sepanjang Simpang Lima itu menyuarakan tentang pentingnya kepedulian terhadap penderita Kanker Anak yang saat ini telah mencapai 11.000 anak. Para calon Epiders juga mengajak masyarakat sekitar untuk ikut berpartisipasi melalui donasi 10.000 foto bersama Maskot Kaka dari YKAKI.
         Tidak hanya menggandeng YKAKI, Semarak kali ini juga mengajak Pemuda Peduli Kanker di Semarang untuk ikut meramaikan suasana. Diakhiri dengan aksi teatrikal yang bercerita tentang kisah seorang anak yang menderita kanker, membuat acara Semarak semakin menarik perhatian masyarakat yang hadir pada CFD. Dana yang berhasil terkumpul akan disalurkan kepada YKAKI cabang Semarang pada Senin, 20 Febuari 2017.
       Atika Tsurayya selaku ketua Semarak menyampaikan harapannya agar warga Semarang menjadi lebih paham tentang kanker anak, bahayanya, dan meningkatnya kepedulian mereka terhadap penderita kanker anak itu sendiri.
      “Warga Semarang bisa lebih aware terhadap kanker anak yang semakin meningkat di zaman global ini. Makanya kita harus bisa menjaga diri anak-anak kita dari kanker dan paham cara mendeteksinya.” Ujar Atika.
       Ketika ditanyai tentang antusias masyarakat, Atika menjawab respon dari masyarakat positif dilihat dari penggalangan dana dan penjualan stiker, masyarakat menanggapi dengan baik. Atika juga berharap adanya acara Semarak menjadi suatu titik awal bagi calon Epiders untuk saling menjalin ikatan kekeluargaan yang baik.
         “Ini bukan akhir dari perjalanan kami, ini merupakan suatu titik awal untuk kami bisa bekerja sama bersama, menjalik ikatan kekeluargaan yang baik untuk nantinya memperjuangkan peminatan Epidemiologi yang lebih baik kedepannya.” harapan Atika yang akrab disapa Tika tersebut. (Heni Purnamasari)

Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.