Kolaborasi 3 Lembaga untuk Kemajuan Bersama

Photo: PH

Peresmian kerjasama antara LPM Publica Health, BEM FKM Undip dan SM FKM Undip telah dilaksanakan pada Rapat Kerja Keluarga Mahasiswa FKM Undip Tahun 2017 (14/2) di Hall Gedung D FKM Undip pukul 21:17 WIB. Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan surat kerjasama antara LPM Publica Health, BEM FKM Undip, dan SM FKM Undip.
Kerjasama ini sudah dilaksanakan pada tahun kepengurusan 2016. Awalnya, kerjasama ini digagas oleh LPM Publica Health pada tahun 2016 dengan mengajak BEM dan Senat untuk meminimalisir narasumber tidak ingin diwawancara berulang kali karena sudah pernah ditanyakan oleh lembaga lain. Kerjasama ini dilakukan untuk mengawal beberapa isu diantaranya isu peminatan angkatan 2015, Praktek Belajar Lapangan (PBL), Ujian Kompetensi FKM, berakhirnya Visi Misi FKM di tahun 2017 serta kejelasan mekanisme semester panjang untuk angkatan 2014.
"Kerjasama tiga lembaga dari Senat, PH, dan BEM adalah kolaborasi yang paling efektif untuk mengawal berbagai macam isu-isu internal kampus di FKM Undip. Besar harapan kerjasama ini berjalan dengan rapi dan baik selama satu periode kedepan, sehingga FKM Undip mendapatkan kebermanfaatan dari usaha kita bersama", ujar Yuwan selaku Ketua SM FKM Undip 2017.
Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh BEM FKM Undip yaitu melakukan kajian dan penjaringan aspirasi terkait isu yang nantinya dikawal bersama. Sedangkan SM FKM Undip bertugas melakukan audiensi dan penjaringan aspirasi terkait isu yang dikawal. Terakhir, LPM Publica Health melakukan press release dan riset keterbutuhan isu yang dikawal bersama. Kerjasama ini juga akan dilakukan selama satu periode kepengurusan di tahun 2017.
Ketua BEM FKM Undip 2017 Wildan Nur Aiman pun turut buka suara, “Kerjasama 3 lembaga merupakan sebuah langkah awal dari PH, BEM dan SM FKM.  Di dalam membangun persahabatan baik diantara 3 lembaga serta menyatukan visi untuk membuat FKM lebih baik lagi dengan tupoksi masing-masing lembaga. Harapannya lembaga lain di FKM Undip bisa membangun kerjasama yang baik pula dengan lembaga lain demi terwujudnya FKM undip yang lebih baik”.
Menilik dampak positif dari tahun kemarin tentang kerjasama ini, maka pada tahun ini LPM Publica Health, BEM FKM Undip serta SM FKM Undip bersepakat untuk kembali melaksanakan kerjasama di tahun ini.
Ratu Aam selaku Pemimpin Umum LPM Publica Health 2017 berpendapat, adanya kerjasama ini membuktikan bahwa lembaga kemahasiswaan yang ada di FKM mampu untuk sinergis. “Ini juga merupakan bentuk dari perwujudan kolaborasi yang diusung pada raker gama tahun ini”, tuturnya.
Kerjasama yang dilakukan oleh tiga lembaga ini juga sejalan dengan visi-misi tiga lembaga yang terlibat dan tema dari rapat kerja keluarga mahasiswa tahun 2017 yaitu “Satukan Langkah Kolaborasi Bersama untuk FKM Undip yang Lebih Baik”. (Tim Kolaborasi)

Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.