PCMI Wadah Bagi Pemuda Bangsa



Doc Pribadi

Jumat (24/2) PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia) melakukan roadshow PCMI Goes to Campus bertempat di Gedung E FKM Undip pada pukul 15.00 – 17.30 WIB.Acara tersebut diikuti oleh 93peserta baik dari dalam maupun luar Undip. PCMI merupakan wadah untuk pertukaran pemuda antar negara. PCMI telah melakukan kerjasama dengan beberapa negara seperti China, Korea Selatan, Jepang, India, Australia, dan Kanada. PCMI memiliki program pertukaran pemuda dengan negara asing yang tidak dipungut biaya. Selain itu, setiap program memiliki durasi yang berbeda.
PPAN merupakan program dari Kemenpora yang berada di setiap daerah. Pemateri berasal dari alumni PPAN dari kelima program exchange, salah satunya berasal dari alumni FKM Undip angkatan 2010 yang lolos PPAN ke India pada tahun 2016.
“PCMI Goes to Campus itu ada lima program yaitu Indonesia-China, Indonesia-Malaysia, Indonesia-Australia, Indonesia-Korea, satu lagi lupa pokoknya ada lima. Tiap program exchange satu pembicara,” ujar Evan, salah satu panitia PCMI Goes to Campus.
Acara semakin menarik tatkala peserta diberi bocoran tips-tips lolos PPAN, seperti kelengkapan berkas, memiliki wawasan luas mengenai Indonesia dan Internasional, aktif dalam kegiatan sosial dan kepemudaan, memiliki kemampuan seni dan budaya, skill yang dapat dikontribusikan untuk program, serta kreatif.
Keikutsertaan dalam PPAN tentunya membawa banyak manfaat, seperti lebih mengenal culture negara lain, melatih profesionalisme sebagai pemuda Indonesia, bangga unjuk gigi tentang budaya Indonesia, menambah relasi dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Tak lupa pula melatih kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. (Edwina)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.