Sanita Melodia Choir Berhasil Meraih Kemenangan Kembali

Photo: PSM FKM Undip
Sabtu (21/05) PSM FKM Undip kembali meraih kemenangan pada Lomba Paduan Suara USM Sapta Gita 9th. Kejuaaran tersebut dilaksanakan di Auditorium Widyatmoko Universitas Semarang. Kemenangan yang diraih yaitu  Second Gold Medal kategori folklore, juara favorit kategori folklore, Best Costume dan finalis Grand Champion.
Grand Champion sendiri merupakan ajang dimana pemenang utama dari berbagai kategori di pertandingkan kembali untuk diambil salah satu yang terbaik. “PSM FKM Undip memang sudah rutin mengikuti lomba paduan suara di USM dan sejak 2 tahun lalu sudah memenangkan lomba paduan suara kategori folklore”, tutur Angelo, anggota PSM FKM Undip. Kategori folklore adalah kategori yang  menyanyikan lagu-lagu daerah. PSM FKM Undip sendiri menyanyikan lagu daerah dari Sumatera, Dayak dan Jawa.
Durasi waktu latihan khusus untuk kategori folklore sekitar 3 bulan karena kategori folklore sendiri menggabungkan vocal dan koreografi. Untuk berlatih vocal membutuhkan waktu sekitar 1 bulan, lalu dilanjutkan latihan koreografi dan 1 bulan selanjutnya digunakan untuk membenahi suara apakah suara tersebut sudah sesuai dengan yang diinginkan pelatih atau tidak. “Kesulitan selama latihan adalah menyesuaikan waktu antara kuliah, rapat dan latihan. Selain itu juga kesulitan saat latihan karena saya dan teman-teman merupakan anggota baru jadi agak sulit untuk mengikuti arahan pelatih”, ujar Angelo. Untuk Best Costume sendiri PSM FKM Undip memakai pakaian dari daerah jawa dan suku dayak.
Lagu pertama yang dinyanyikan oleh PSM FKM Undip dalam kejuaraan ini adalah “Prau Layar” lalu dilanjutkan lagu dari Sumatera Utara dan lagu dari suku dayak merupakan lagu penutup. Angelo berharap kejuaraan ini sebagai sarana untuk tetap berkomitmen menjadi anggota PSM dan tetap menjaga kekeluargaan antar mahasiswa. Harapannya, dari pihak fakultas dapat mendukung kegiatan PSM FKM Undip dengan memberikan dana untuk mengikuti kejuaraan. (Rafika Salma)                 
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.